Kamis 16 Sep 2021 01:40 WIB

Berapa Lama Sperma Bisa Bertahan di Luar Tubuh?

Jangka waktu sperma bertahan hidup di luar tubuh sangat beragam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi sel sperma. Jangka waktu sperma bisa bertahan hidup di luar tubuh sangat beragam.
Foto:

Di hot tub

Sperma yang mengambang di dalam hot tub cenderung hanya bertahan dalam hitungan detik. Alasannya, hot tub berisi air panas dan bahan kimia yang beracun bagi sperma.

Pada air hangat, sperma dapat bertahan sedikit lebih lama. Witt mengatakan, sperma di dalam air hangat bisa bertahan selama beberapa menit.

Menurut Witt , di dalam air hangat, sperma memiliki kemungkinan yang sangat kecil atau hampir tidak mungkin menyebabkan kehamilan. Hal ini dikarenakan sperma tak lagi terlindungi oleh air mani ketika tersebar di dalam air.

Dibekukan

Sperma yang dibekukan oleh dokter dapat bertahan hidup tanpa batas waktu. Menurut studi dalam Fertility and Sterility pada 2019, tingkat keberlangsungan hidup sperma yang disimpan selama enam bulan hingga 15 tahun menurun dari 85 persen menjadi 74 persen.

Sperma yang disimpan selama 11-15 tahun memiliki keberhasilan untuk menyebabkan kelahiran hidup sebesar 75-80 persen. Angka ini tak menurun jauh bila dibandingkan dengan sperma yang disimpan selama enam bulan hingga lima tahun di mana angka keberhasilannya adalah 82 persen.

Temuan ini mengindikasikan bahwa pembekuan jangka panjang memiliki dampak minimal terhadap viabilitas sperma. Witt menyarankan agar laki-laki yang akan melakukan kemoterapi, vasektomi, tidak dapat inseminasi dengan pasangan, atau terpapar radiasi yang dapat menyebabkan infertilitas sebaiknya membekukan sperma terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement