Selasa 14 Sep 2021 20:32 WIB

Dr Dirga: Vaksin Punya Andil Tekan Angka Penularan Covid-19

Orang yang telah divaksinasi rendah kemampuannya untuk menularkan Covid-19.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Kegiatan vaksinasi Covid-19 saat Gebyar Vaksin Covid-19 usia 12 tahun ke atas bersama UPT Puskesmas Pasirkaliki dan Kelurahan Pajajaran di Graha Bhayangkara, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Selasa (14/9). Vaksinasi Covid-19 dapat membantu menekan angka penularan Covid-19.
Foto:

Masyarakat bisa berperan dalam pengendalian pandemi tidak hanya dengan menerapkan protokol kesehatan, menjalani vaksinasi, serta melakukan 3T, yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Pelaku vaksinasi massal, Guntur Triyoga, mengatakan, setiap orang juga dapat menjadi agen penyebaran informasi yang benar tentang Covid-19.

photo
Target dua juta dosis vaksinasi per hari - (Republika)

Menurut Guntur, masyarakat bisa memanfaatkan kreativitas dan kelebihan masing-masing untuk mengampanyekan vaksin Covid-19. Edukasi tentang vaksin Covid-19 harus terus digencarkan secara masif.

"Kita melakukan pendekatan serta memberikan pengertian. Setelah masyarakat mau divaksin dan paham, mereka akan mengajak orang-orang di sekitarnya untuk ikut divaksinasi. Efek domino ini yang kita harapkan," ujar Guntur.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap virus penyebab Covid-19. Hal ini sebagai langkah antisipasi kemungkinan lonjakan kasus maupun munculnya varian baru.

"Apa pun varian virusnya, sebagai ikhtiar proteksi kesehatan dari setiap individu, masyarakat diharapkan tetap disiplin mengenakan masker serta tentu adalah menyukseskan dan mengikuti vaksinasi," kata Nadia dalam kesempatan yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement