Selasa 14 Sep 2021 17:06 WIB

Divaksinasi, Penyintas Covid-19 Miliki Kekebalan Hybrid

Penyintas Covid-19 didorong untuk tetap mendapatkan vaksin Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi penyintas Covid-19. Orang yang telah sembuh dari Covid-19 akan mendapatkan kekebalan hibrida (hybrid) setelah menerima vaksin Covid-19.
Foto:

Dalam sebuah penelitian yang diunggah di BioRxiv, para peneliti di Rockefeller University di New York City melihat bagaimana berbagai jenis kekebalan akan melindungi terhadap varian potensial. Studi ini membuat para peneliti merancang versi modifikasi dari protein lonjakan virus corona dengan 20 mutasi yang terjadi secara alami untuk menguji bagaimana antibodi akan bekerja melawannya.

Protein lonjakan yang dimodifikasi ini diuji di cawan laboratorium terhadap antibodi dari orang yang telah pulih dari Covid-19, dari mereka yang telah divaksinasi, dan dari mereka yang memiliki kekebalan hibrida. Protein lonjakan mampu menghindari antibodi dari dua kelompok pertama, tetapi tidak antibodi dari orang-orang dengan kekebalan hibrida.

Studi lain dari para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menemukan vaksinasi mengurangi risiko infeksi ulang lebih dari dua kali lipat di antara mereka yang sebelumnya telah terinfeksi. Itu jika dibandingkan dengan orang-orang yang mengalami infeksi alami saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement