Selasa 07 Sep 2021 16:00 WIB

Jelang Ulang Tahun Jimin, Weibo Tangguhkan Akun Fans BTS

Dianggap bikin penggalangan dana ilegal, akun Weibo penggemar BTS ditangguhkan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Weibo, media sosial populer di China. Akun Weibo penggemar BTS ditangguhkan sementara akibat menggalang dana untuk memperingati ulang tahun Jimin BTS.
Foto:

Akun penggemar yang diblokir sebagian besar berpusat di sekitar selebritas K-pop, seperti anggota boy band Korea Selatan NCT dan EXO, dan girl grup Blackpink. Sebelumnya, Presiden Cina Xi Jinping telah menyerukan “peremajaan nasional” dengan kontrol Partai Komunis yang lebih ketat terhadap bisnis, pendidikan, budaya, dan agama.

Sejak saat itu, partai tersebut telah mengurangi akses anak-anak terhadap game daring dan berusaha untuk mencegah apa yang dianggap sebagai perhatian yang tidak sehat terhadap selebritas.  Pekan lalu, pemerintah melarang laki-laki yang tampil menyerupai perempuan  di TV dan melarang acara mengorbitkan idola dengan "nilai moral rendah" karena dinilai bisa menjadi pengaruh buruk bagi kaum muda.

Selebritas di China sering diminta untuk menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang dianut oleh pemerintah kalau tak mau menghadapi akibatnya. Selebritas seperti Fan Bingbing dan Zheng Shuang telah didenda berat karena menghindari pajak, dan nama aktris populer Zhao Wei pekan lalu dihapus dari kredit film dan acara TV yang dia bintangi tanpa penjelasan.

Penyanyi dan aktor China Lu Han, mantan anggota grup K-pop populer EXO, akan memutuskan hubungan dengan merek jam tangan mewah Swiss Audemars Piguet setelah CEO jenama menyebut Taiwan sebagai "negara ultra yang modern dan berteknologi tinggi.”

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, menolak referensi apa pun untuk mengakui area tersebut sebagai sebuah negara. Di bawah kebijakan satu negara, negara lain memiliki hubungan diplomatik dengan China atau Taiwan, tetapi tidak keduanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement