Ahad 29 Aug 2021 12:22 WIB

Hindari, Makanan Ini Berdampak Buruk Bagi Gigi Anak

Keripik kentang masuk dalam daftar karena mengandung tingkat pati tertinggi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan yang berdampak buruk bagi gigi anak (ilustrasi).
Foto: Pixabay/Bigbear
Makanan yang berdampak buruk bagi gigi anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah makanan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi anak, melebihi efeknya bagi orang dewasa. Hal itu disampaikan dokter gigi Ronald Plotka yang berdomisili di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS).

Pendiri MouthWatchers itu menyarankan tidak memasukkan sejumlah makanan ini ke bekal anak-anak atau memberikan kepada anak secara berlebihan. Berikut empat kudapan yang dimaksud, dikutip dari laman Eat This Not That!, Ahad (29/8):

1. Permen

Plotka menjelaskan mengapa permen bisa sangat merusak gigi anak. Konsumsi permen memicu produksi asam yang cepat sehingga berdampak signifikan pada permukaan email gigi yang menyebabkan gigi berlubang.

2. Buah kering

Dari sudut pandang nutrisi, buah-buahan kering memang baik, namun tidak untuk gigi anak. Pilihan ini lebih baik dari permen, tetapi buah kering dapat menempel pada gigi anak sehingga menyebabkan gigi berlubang dan plak.

3. Gula dan pati

Selama bertahun-tahun, konsumsi gula berlebih telah terbukti menjadi faktor utama kerusakan gigi. Selain gula, konsumsi berlebihan tepung pati juga bisa memicu gigi berlubang pada anak.

Dengan mengingat hal itu, orang tua bisa memilih makanan apa saja yang sebaiknya diberikan kepada anak. Begitu pula produk makanan kemasan yang sebaiknya dipilih saat akan membawakan mereka bekal.

4. Keripik kentang

Keripik kentang masuk dalam daftar karena mengandung tingkat pati tertinggi. "Pati sangat cepat dipecah menjadi gula. Gula menyebabkan produksi asam di mulut, yang menyebabkan kerusakan email gigi anak-anak," ujar Plotka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement