Selasa 17 Aug 2021 02:30 WIB

Bayi India Tumbuh Sehat di Rongga Perut Ibu, Bukan di Rahim

Kelainan tersebut tidak terlihat ketika ibu dari bayi itu menjalani USG.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Foto USG janin. Lazimnya, bayi tumbuh di rahim, bukan di rongga perut ibu.
Foto:

Menurut dokter, pemindaian menjelang waktu kelahiran memperlihatkan bahwa yang terletak dekat jalan lahir bukan kepala, melainkan bokongnya. Dokter pun memutuskan untuk membantu kelahiran bayi melalui operasi caesar.

"Ketika kami melakukan sayatan, kami menemukan bahwa bayi itu berada di rongga perut, bukan di rahim, dan kami tahu itu akan menjadi operasi yang serius," katanya.

Setelah bayi dikeluarkan, dokter menemukan plasenta menempel di usus. Dokter pun menemukan pendarahan deras saat berusaha mengeluarkannya. Perempuan itu diberi empat unit plasma beku segar dan tiga unit kantong darah untuk menebus kehilangan darah.

Bayi itu diserahkan ke petugas rawat inap biasa setelah berada di ICU selama 12 jam, sementara ibunya dipindahkan ke bangsal setelah 24 jam. Menurut Chaudhary, ibu dan bayinya baik-baik saja sekarang.

Mereka telah dipulangkan pada Jumat lalu. Menurut informasi yang didapat, ini adalah bayi kedua perempuan itu. Dia sebelumnya melahirkan bayi laki-laki melalui operasi caesar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement