Jumat 13 Aug 2021 17:19 WIB

3 Alasan Pentingnya Kesehatan Usus pada Anak

Konsumsi probiotik disarankan dilakukan sejak dini demi kesehatan usus.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Konsumsi probiotik disarankan dilakukan sejak dini demi kesehatan usus.
Foto: Pixabay
Konsumsi probiotik disarankan dilakukan sejak dini demi kesehatan usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan usus adalah salah satu aspek yang menopang kesehatan. Sebab, mulai dari tingkat energi, kesehatan kulit, hingga kekebalan, mikrobioma usus yang sehat diperlukan. Itulah mengapa tidak pernah terlalu dini untuk mulai mengkonsumsi probiotik.

Mikrobioma usus terdiri dari komunitas bakteri yang kompleks yang secara langsung mendukung kekebalan dan membantu metabolisme energi dari nutrisi yang kita makan. Bahkan, memainkan peran kunci dalam perilaku dan suasana hati.

Baca Juga

Tetapi, manfaat ini tidak hanya untuk orang dewasa. Penelitian telah memberikan bukti bahwa probiotik mendukung berbagai bidang kesehatan selama masa kanak-kanak. Ternyata, semakin dini bisa menjaga kesehatan usus maka semakin baik.

Berikut tiga alasan utama untuk mulai memperhatikan kesehatan usus sejak anak-anak, seperti dilansir laman Mind Body Green, Jumat (13/8).

1. Perkuat mikrobioma usus anak-anak, lebih awal lebih baik

Dengan memelihara mikrobioma usus anak sejak dini sebenarnya membantu menyiapkannya untuk kesehatan pencernaan yang lebih kuat seumur hidup. Studi yang meneliti mikrobioma usus selama masa kanak-kanak awal dan akhir menunjukkan bahwa mikrobioma itu mudah dipengaruhi oleh diet, obat-obatan, dan lingkungan.

Sementara, kita cenderung menganggap kebutuhan kesehatan usus anak kita berbeda dari kebutuhan kita sendiri. Penelitian sebenarnya menunjukkan bahwa mikrobioma usus seorang anak sama dengan orang dewasa pada usia tiga tahun. Ini berarti, ada alasan yang sah untuk memberikan anak-anak probiotik.

 

2. Kesehatan mulut anak

Meskipun kita cenderung mengasosiasikan probiotik dengan kesehatan usus, penting untuk diketahui bahwa probiotik sebenarnya bermanfaat bagi seluruh tubuh, seperti kesehatan mulut. Menjaga kesehatan mulut dan pernapasan si kecil bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, probiotik adalah salah satu pendekatan yang ditargetkan untuk mendukung kesehatan mulutnya.

 

3. Membantu mendukung sistem kekebalan tubuh anak yang sedang tumbuh

Memulai probiotik sejak bayi dapat menjadi bagian besar dari pertumbuhannya. Saat bayi mulai berinteraksi dengan lingkungan, dan pada saat anak tumbuh, probiotik dapat membantu memperkuat sistem kekebalan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement