Rabu 04 Aug 2021 04:10 WIB

5 Gejala Fenomena Subuh yang Harus Diwaspadai Diabetesi

Fenomena subuh pada diabetesi biasanya terjadi antara pukul 02.00 hingga 08.00 pagi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi alat cek gula darah. Menurut perkiraan, sekitar 50 persen orang-orang yang menyandang diabetes tipe 2 mengalami fenomena subuh.
Foto:

Tubuh biasanya menggunakan insulin untuk mengatasi peningkatan kadar gula di dalam darah. Akan tetapi, penyandang diabetes tak dapat memproduksi insulin yang cukup atau tubuhnya tak dapat menggunakan insulin dengan sebagaimana mestinya. Kondisi ini yang kemudian membuat kadar gula darah menjadi tidak terkontrol.

Penyandang diabetes tipe 2 dapat mewaspadai fenomena subuh dengan memperhatikan lima tanda atau gejala. Berikut gejalanya:

1. Merasa sangat lemah seperti akan pingsan

2. Mual

3. Pandangan kabur

4. Disorientasi

5. Rasa haus yang ekstrem

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya fenomena subuh. Salah satu di antaranya adalah mengonsumsi obat atau menggunakan insulin sebelum tidur, bukan di saat jam makan malam.

Cara lain yang juga dapat membantu adalah menyantap makan malam lebih dini. Penyandang diabetes tipe 2 juga disarankan untuk melakukan sedikit olahraga setelah makan malam. Penting juga untuk menghindari konsumsi camilan yang mengandung karbohidrat mendekati jam tidur malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement