Jumat 30 Jul 2021 23:40 WIB

5 Cara Mengatasi Mimpi Buruk

Mimpi buruk berdampak negatif pada kualitas tidur.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Mimpi buruk berdampak negatif pada kualitas tidur.
Foto:

4. Jangan Secara Aktif Menolaknya

Mengatakan pada diri sendiri untuk tidak memikirkan mimpi buruk biasanya akan memiliki efek sebaliknya. Misalnya, kita diminta untuk tidak berpikir tentang beruang putih. Pada kenyataannya kita memang memikirkannya saat diminta.

“Ini adalah penelitian psikologi klasik oleh Wegner yang menunjukkan bagaimana upaya untuk menekan pikiran atau gambar tidak berhasil dan benar-benar membawa pikiran atau gambar yang kita miliki mencoba untuk menekan," kata Haynes.

 

Cara ideal untuk menanggapi mimpi buruk adalah dengan membiarkan gambaran itu tanpa mengundangnya masuk atau mendorongnya menjauh, jelasnya. Seperti memberi perhatian secukupnya, cukup akui pikiran itu atau mimpi buruk itu, dan biarkan berlalu.

 

5. Ubah Citra

Jika pendekatan mindfulness tidak berhasil, kita bisa mencoba mengubah citra mimpi dengan cara yang lebih positif atau pribadi. Dengan melakukan ini, pada dasarnya kita mengendalikan mimpi dan 'menghancurkan' kebiasaan memutar ulang gambar yang sama berulang-ulang.

Dengan kata lain, kita bisa menulis ulang impian dengan istilah sendiri. Karena tidak ada aturan berbasis realitas untuk memimpikan re-scripting dan bisa sekreatif yang kita inginkan.

“Faktanya, satu teori adalah bahwa semakin fantasi imajinasi, semakin kita dapat melepaskan kebiasaan dan membantu pikiran kita menggunakan mimpi dan citra untuk memproses pengalaman stres atau emosional," kata Haynes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement