Ahad 12 Nov 2023 22:36 WIB

Kasur yang Buruk Ternyata Bisa Ganggu Kualitas Tidur

Saat membeli kasur terbaik, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Kasur (ilustrasi). Bahan kasur yang buruk dapat mengganggu tidur Anda/
Foto: www.freepik.com
Kasur (ilustrasi). Bahan kasur yang buruk dapat mengganggu tidur Anda/

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda termasuk orang yang mengalami tidur malam yang buruk? Ada banyak alasan yang menyebabkan Anda mengalami hal tersebut.

Misalnya merasa kepanasan atau kedinginan, memiliki pasangan yang gelisah dan tidak mau berhenti membolak-balikkan badan, atau suara berisik dari tetangga sebelah. Namun menurut para ahli tempat tidur, isi kasur juga bisa menjadi masalah. Saat membeli kasur terbaik, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti kekencangan, sirkulasi udara, dan dukungan.

Menurut Rebecca Swain, direktur dan spesialis kasur di Winston Beds, isi atau konstruksi kasur mungkin merupakan hal yang paling sulit Anda pikirkan, tetapi sebenarnya itu adalah sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan. Swain mengatakan, tidur malam yang nyenyak sangat penting karena meningkatkan fungsi otak, suasana hati, dan kesehatan secara umum. 

Menurut dia, kasur dapat memengaruhi tingkat dukungan dan kenyamanan yang diberikan, jadi penting untuk memiliki pengetahuan yang tepat saat berbelanja kasur baru. "Tanda-tanda kasur Anda tidak terisi dengan baik untuk tubuh Anda termasuk terbangun dengan rasa sakit dan kaku, merasa gelisah, dan menjadi terlalu panas atau dingin di malam hari,” ujar dia, dilansir T3, Ahad (12/11/2023). 

 

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda ini, mungkin sudah waktunya untuk beralih ke kasur lain. Tetapi, jenis kasur apa yang sebaiknya Anda beli?

Swain sangat menyukai serat dan bahan isi alami, termasuk wol, kasmir, dan rami. Meskipun mungkin terdengar aneh pada awalnya, bahan pengisi ini bisa sangat bermanfaat sebagai penyangga dan baik untuk kulit. 

Wol adalah serat alami yang memberikan kehangatan dan sirkulasi udara. Pada musim dingin, ini akan membuat Anda tetap hangat dan nyaman dan selama musim panas, ini mencegah retensi panas dan kelembaban. 

Selain itu, kasmir memberikan rasa lembut pada kulit dan kontur serat pada tubuh yang berarti kenyamanan maksimal. Ini juga bernapas dan bagus untuk pengaturan suhu. Berikutnya, Swain berpendapat rami organik memiliki kekuatan dan elastisitas alami yang khas, menjadikannya pilihan ideal untuk lapisan tepat di atas pegas. Ini meningkatkan sistem pendukung dan bekerja bersama-sama dengan pegas untuk mendistribusikan berat badan. 

Jika bahan alami bukan pilihan Anda, ada serat buatan dan bahan sintetis yang juga dapat memberikan dukungan, kenyamanan, sirkulasi udara terbaik. Nilon umumnya ditemukan di kasur busa memori dan bagus untuk meningkatkan postur tidur yang sehat dan beradaptasi dengan tubuh untuk mengurangi penumpukan tekanan dengan mencegah tenggelam terlalu dalam ke dalam kasur. 

Polyester juga menawarkan kenyamanan dan dukungan ekstra dengan menjaga tulang belakang tetap sejajar dan meredam titik-titik tekanan. Bahan tersebut juga dikenal sangat mudah dibersihkan dan tetap bersih. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement