Rabu 28 Jul 2021 13:45 WIB

Makanan Ini Baik Dikonsumsi di Usia 50 Tahun

Beberapa jenis makanan bisa bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh di usia lanjut.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Beberapa jenis makanan bisa bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh di usia lanjut.
Foto:

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk semua usia, namun secara khusus memberi keuntungan lebih bagi mereka dengan umur di atas 50 tahun.

Sarah Schlichter, ahli gizi yang mendirikan Nutrition for Running and Bucket List Tummy mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak mendapat serat makanan yang cukup. Ubi jalar merupakan karbohidrat kompleks dengan hampir lima gram serat per kentang.

Serat telah terbukti membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan usus, dan menstabilkan gula darah, diantara manfaat sehat lainnya. Ubi jalar juga tinggi vitamin A dan C, keduanya membantu sistem kekebalan tubuh, potasium, magnesium, antioksidan, anti-inflamasi, yang dapat melawan proses penuaan.

6. Blueberry

Blueberry merupakan makanan bagi otak yang bagus bagi orang-orang dengan penuaan. Warna biru tua dari buah ini menunjukkan tingkat polifenol tinggi, yang terbukti membantu penurunan memori terkait dengan usia.

Fungsi kognitif adalah area perhatian yang signifikan selama penuaan. Karena itu, menjaga kesehatan mental dengan makanan yang baik untuk mental dapat membuat perbedaan besar.

Anthocyanin dan antioksidan dalam blueberry juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil.

7. Salmon

Asam lemak omega 3 atau lemak tak jenuh yang sehat memiliki beberapa manfaat pada kesehatan saat penuaan terjadi. Salmon adalah sumber lemak sehat, yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kardiovaskular, penurunan peradangan, penurunan kolesterol, serta memberikan nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin D, B12 dan zat besi.

Salmon juga merupakan sumber yang bagus untuk protein, yang menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia, seseorang lebih rentan terhadap kehilangan massa otot.

Jenis ikan menjadi makanan dengan protein yang cukup, dikombinasikan dengan pelatihan ketahanan yang tepat, dapat membantu kesehatan tulang serta mempertahankan massa otot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement