Kamis 15 Jul 2021 10:58 WIB

Ahli: Begitu Terbukti Aman, Segera Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Sejauh ini, belum ada vaksin yang dinyatakan aman bagi anak usia 6-11 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pelajar mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19 di Sekolah Nasional Tiga Bahasa Budi Utama, Sleman, Yogyakarta, Rabu (14/7). Yogyakarta mulai melakukan vaksinasi massal Covid-19 di sekolah untuk pelajar. Sampai sekarang belum ada vaksin yang dinyatakan aman bagi anak usia lebih muda.
Foto:

Pedoman tersebut sekaligus mengimbau semua anak berusia 12 tahun ke atas untuk menjalani vaksinasi. Saat ini, hanya vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech yang diizinkan untuk digunakan pada anak-anak berusia 12 tahun ke atas. Perusahaan mengatakan mereka berencana untuk meminta otorisasi penggunaan darurat pada anak-anak usia lima hingga 11 tahun di musim gugur.

photo
Vaksinasi Covid-19 anak usia 12-17 tahun. - (Republika)

Sementara itu, beberapa pihak menentang penggunaan vaksin Covid-19 pada anak-anak. Kelompok ini khawatir, potensi efek samping serius yang langka dari vaksinasi bisa menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi anak-anak ketimbang Covid-19 itu sendiri.

Beberapa serikat guru juga berpendapat bahwa kegiatan sekolah tatap muka belum bisa digelar sebelum semua guru dan staf sekolah divaksinasi. Sebagian besar guru masih khawatir kembali mengajar di sekolah, apalagi jika jangkauan vaksinasi di daerah tempat mengajarnya masih rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement