Selasa 13 Jul 2021 09:32 WIB

Mengapa Badan Terasa Membaik Setelah Minum Air Kelapa?

Orang positif Covid-19 banyak yang meminum air kelapa.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Air kelapa. Air kelapa muda banyak dicari di masa pandemi Covid-19.
Foto:

Hanya saja, sistem imunitas manusia sebetulnya sangat kompleks atau rumit. Mulai dari luar seperti kulit, saluran pernapasan, bulu-bulu getar di saluran pernapasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit.

Kemungkinan besar, menurut Juwalita, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari dukungan vitamin yang ada di dalamnya. Setidaknya, membantu memenuhi kebutuhan vitamin B.

"Kebetulan vitamin B itu memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh, jadi reaksi kimia di dalam tubuh itu banyak didukung oleh Vitamin B,” tutur Juwalita.

Selain itu, air kelapa memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi. Air kelapa juga mengandung kalium dan magnesium yang sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Hal ini kemungkinan juga terkait juga pada pencegahan penyakit komorbid pada Covid-19.

"Tetapi perlu diingat juga, tidak ada satu jenis makanan pun yang lebih unggul daripada makanan lainnya, dalam arti ketika mengonsumsi makanan dan minuman, kita harus tahu tujuan kita apa, mau memenuhi nutrisi yang mana," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement