Sabtu 10 Jul 2021 06:35 WIB

6 Kesalahan Saat Sarapan Ini Merugikan Kesehatan

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan ketika sarapan dan bisa merugikan tubuh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan ketika sarapan dan bisa merugikan tubuh.
Foto:

4. Terlalu banyak gula

Menyantap croissant, sereal, atau roti panggang saat sarapan memang lezat, tetapi tidak akan berpengaruh apapun untuk mengecilkan ukuran pinggang. Itu karena deretan makanan tersebut tinggi gula. Ahli gizi Inggris Rob Hobson sangat tidak menyarankannya.

Pimpinan kepala perusahaan suplemen kesehatan Healthspan itu menjelaskan, makanan demikian malah meningkatkan risiko penambahan berat badan. "Jika Anda mengalami lonjakan gula yang diikuti dengan penurunan gula, Anda mungkin lebih ingin menyantap makanan manis lagi," ujarnya.

5. Makan sambil jalan

Menyantap sarapan sambil berjalan ke tempat kerja merupakan kesalahan besar. Hobson mengatakan, makan sambil berjalan membuat seseorang tidak fokus dan berisiko mengalami gangguan pencernaan. "Jika tidak punya waktu di pagi hari, pergi ke ruang istirahat untuk sarapan. Kita semua punya waktu sekitar sepuluh menit untuk duduk," tuturnya.

6. Menunggu sampai kelaparan

Menurut Hobson, pola makan orang berbeda-beda. Ada yang biasa sarapan, tidak suka sarapan, atau baru makan di tengah hari hingga pukul delapan malam. Semua itu tidak masalah selama ada energi dalam tubuh untuk dibagi. Akan tetapi, saran darinya tidak menunggu sampai perut benar-benar kelaparan. Alasannya, kebiasaan itu bisa membuat seseorang mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement