Senin 05 Jul 2021 13:26 WIB

Kucing Lebih Berisiko Terserang Covid-19 daripada Anjing

Manusia dapat menularkan Covid-19 pada hewan peliharaannya, terutama kucing.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kucing peliharaan (Ilustrasi). Tidur bersama kucing sebaiknya tidak dilakukan saat Anda positif Covid-19.
Foto:

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah merilis beberapa pedoman bagi pemilik hewan peliharaan di tengah pandemi. Pertama, anjuran agar seluruh anggota keluarga yang memiliki hewan peliharaan di rumah menjalani vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin.

Jangan biarkan hewan peliharaan melakukan kontak langsung dengan orang lain di luar rumah yang belum divaksinasi. Jika Anda dinyatakan positif Covid-19, jauhi hewan peliharaan sementara waktu. Jauhkan pula hewan peliharaan dari individu lain yang tertular virus.  

Pastikan hewan peliharaan makan dengan baik dan tetap bugar, supaya kekebalan tubuhnya terbangun. Waspadai gejala infeksi umum pada hewan peliharaan, seperti diare, bersin, batuk, keluarnya cairan dari mata, demam, sesak napas, pilek, lesu, dan muntah.

Apabila hewan peliharaan terpantau bergejala, segera isolasikan. Saat memberi makan dan merawat hewan peliharaan yang sakit, pastikan mengenakan alat pelindung dan hindari menyentuh, mencium, atau memeluknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement