Rabu 30 Jun 2021 07:25 WIB

Bisakah Orang Negatif Covid-19 Tularkan Virus?

Staf hotel karantina di Ausy diduga menjadi penyebar virus meski negatif Covid-19.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes Covid-19 (Ilustrasi). Staf hotel karantina di Australia diduga menjadi penyebar virus pada seorang tamu meski dirinya negatif Covid-19.
Foto:

Infeksi berdurasi pendek bisa terjadi ketika sistem kekebalan pekerja didukung vaksinasi lengkap. Dr Short menjelaskan, karena infeksinya  sangat singkat, staf mungkin saja akan mendapatkan hasil negatif dalam tes Covid-19.

"Infeksi itu tidak cukup untuk menimbulkan respons imun, jadi Anda tidak akan benar-benar melihat apa pun dalam serologi," ujar dia.

Jika orang yang divaksinasi lengkap masih dapat tertular virus dan berpotensi menulari orang lain tanpa hasil tes positif, apa artinya itu bagi program vaksin? Dr Labzin mengatakan, tujuan pertama dari vaksin adalah mencegah keparahan pasien Covid-19.

"Jika kita dapat membuat orang keluar dari rumah sakit dan menghindarkan orang dari kematian akibat penyakit ini, kita dapat mengubah Covid-19 menjadi setara dengan flu biasa,” kata dr Labzin

Apakah virus itu dipindahkan dari permukaan atau dari infeksi sementara? Dr Short mengatakan, sulit untuk menentukannya secara meyakinkan.

"Saya pikir keduanya adalah skenario yang relatif langka, jadi itu seharusnya bukan sesuatu yang kita harapkan akan sering terjadi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement