Senin 29 Apr 2024 09:16 WIB

Dampak Perceraian tidak Sederhana, Siapkan Diri Sebelum Menikah

Calon pengantin perlu mempersiapkan diri sebelum membangun sebuah keluarga.

Menikah (Ilustrasi). Calon pengantin untuk mempersiapkan diri apabila ingin membangun sebuah keluarga.
Foto: www.freepik.com
Menikah (Ilustrasi). Calon pengantin untuk mempersiapkan diri apabila ingin membangun sebuah keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda akan segera menikah? Sebelum mengikat janji suci, calon pasangan suami-istri perlu mempersiapkan diri.

"Banyak hal yang harus diperhatikan oleh pasangan yang ingin membangun keluarga ya, mengingat penyebab perceraian dalam masyarakat kita biasanya multifaktor, mulai dari ketidaksiapan berkeluarga, masalah ekonomi, sampai perselingkuhan," kata Vera saat dihubungi Antara di Jakarta, Ahad (28/4/2024).

Baca Juga

Vera mengatakan perceraian merupakan satu faktor yang dapat memengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Itu dapat dilihat dari adanya perubahan pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa perubahan sikap yang patut diwaspadai adalah anak mengalami aneka ragam emosi tergantung usianya. Anak bisa tampak merasa kebingungan karena berusaha memproses dirinya menerima kenyataan, menjadi emosi secara berlebihan, hingga tidak mau sekolah.

Oleh karena itu, sebelum menjadi orang tua, Vera mengingatkan agar calon pengantin untuk mempersiapkan diri apabila ingin membangun sebuah keluarga. Itu dapat diawali dengan membangun komunikasi yang baik dengan pasangan.

Dalam komunikasi tersebut, tiap pasangan dapat membeberkan rencananya masing-masing terkait seperti apa pola asuh yang ingin diterapkan, rencana untuk memiliki anak, hingga mendiskusikan kondisi perekonomiannya. Kemudian, calon pasangan bisa mulai menyiapkan mentalnya sebagai orang tua.

Menurut Vera, dengan siap secara fisik, finansial, maupun mental, orang tua dapat lebih bertanggung jawab dalam membesarkan anak-anaknya. Termasuk menekan rasa egois yang dapat menempatkan anak dalam kondisi tidak nyaman ketika pasangan mengalami masalah seperti bercerai.

"Orang tua perlu menurunkan ego masing-masing sehingga tidak menempatkan anak terjepit dalam masalah orang tuanya," ujar Vera.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement