Senin 28 Jun 2021 15:30 WIB

Baru Berusia 11, Anak Inggris Melahirkan Bayi

Anak perempuan berusia 11 tahun menjadi ibu termuda di Inggris.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes kehamilan (ilustrasi). Seorang anak perempuan di Inggris hamil pada usia 10 tahun. Belakangan, anak dengan bobot lebih berat mengalami pubertas lebih awal.
Foto:

Menurut dr. Cooper, rata-rata usia anak perempuan mulai mengalami pubertas adalah 11 tahun, meskipun bisa kapan saja antara delapan tahun hingga 14 tahun, atau lebih muda. Kondisi berat badan memengaruhi banyak hormon. Belakangan, anak dengan bobot lebih berat mengalami pubertas lebih awal.

Cooper mengatakan, ada risiko yang lebih tinggi dari kehamilan usia muda, mulai dari bayi dengan berat badan lahir rendah, pre-eklampsia, persalinan prematur, dan banyak infeksi. Sekitar satu dari setiap 2.500 kelahiran terjadi pada seseorang yang tidak tahu bahwa dia hamil (atau menyembunyikannya).

Pada 2014, seorang bayi lahir dari seorang ibu berusia 12 tahun dan ayah 13 tahun, usia gabungan terendah dari orang tua di Inggris. Pada 2017, seorang gadis berusia 11 tahun dilaporkan melahirkan bayi, tetapi tidak ada rincian lebih lanjut yang muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement