Jumat 05 Jan 2024 13:26 WIB

Tes Kesehatan yang tidak Boleh Diabaikan Wanita Usia 30 Tahun ke Atas

Pemeriksaan kesehatan jadi langkah preventif yang perlu dilakukan wanita usia 30-an.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan usia 30-an (ilustrasi). Ada beberapa skrining kesehatan yang perlu dijalani perempuan ketika sudah berusia 30 tahun.
Foto: www.freepik.com
Perempuan usia 30-an (ilustrasi). Ada beberapa skrining kesehatan yang perlu dijalani perempuan ketika sudah berusia 30 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh wanita mengalami banyak perubahan hormonal sepanjang hidupnya, mulai dari awal pubertas hingga menopause. Hal ini membuat pemeriksaan kesehatan preventif menjadi suatu kebutuhan.

 

Baca Juga

Dikutip dari Indian Express, Rabu (3/1/2024), Direktur Medis Mother’s Lap IVF Centre, New Delhi, di India, dr Shobha Gupta, memberi daftar pemeriksaan pertama dan terpenting yang perlu dilakukan ketika wanita sudah memasuki usia di atas 30 tahun.

1. Skrining kanker payudara

 

Wanita lebih rentan terkena kanker payudara setelah usia 30 tahun ke atas. Menjalani mamografi secara teratur dapat membantu wanita mendeteksi kondisi tersebut, bahkan sebelum kondisi tersebut menjadi sugestif.

2. Skrining kanker serviks

Kanker serviks muncul di bagian leher rahim. Tes pap smear dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sel kanker pada leher rahim. Wanita yang berusia di atas 21 tahun disarankan untuk melakukan tes pap smear setidaknya sekali dalam lima tahun.

3. Skrining kepadatan tulang

Kepadatan tulang cenderung menurun setelah usia 30 tahun pada wanita. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk melakukan pemeriksaan osteoporosis secara rutin.

4. Skrining diabetes

Sejak usia 35 tahun ke atas, wanita harus menjalani tes glukosa darah setiap tiga tahun untuk memeriksa pradiabetes atau diabetes. Jika seorang wanita mengalami obesitas atau memiliki riwayat keluarga diabetes, dia harus menjalani pemeriksaan dini.

5. Pemeriksaan tekanan darah

Wanita harus terus memeriksa tekanan darahnya untuk memastikan bahwa mereka tidak menderita penyakit yang berhubungan dengan jantung. Selain itu, wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi atau masalah terkait tekanan darah harus memeriksakan diri secara rutin.

6. Tes tiroid

Wanita berusia di atas 30 tahun, terutama mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan tiroid atau mengalami gejala seperti kelelahan, perubahan berat badan, atau perubahan suasana hati harus mendiskusikan kekhawatiran mereka dengan penyedia layanan kesehatan yang dapat menentukan tes tiroid yang paling tepat untuk situasi mereka.

7. Tes vitamin D

Tes vitamin D mengukur kadar vitamin D dalam darah. Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, mendukung sistem kekebalan tubuh, otak, dan sistem saraf, serta mengatur kadar insulin. Itu diukur melalui tes darah.

8. Tes kesehatan pranikah

Tes kesehatan pranikah juga sedang meningkat yang melibatkan tes darah yang diperlukan untuk memeriksa kelainan terkait darah, seperti talasemia dan hemoglobinopati lainnya, serta penyakit menular seksual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement