Rabu 23 Jun 2021 16:20 WIB

Overdosis Vitamin dan Mineral Dapat Berbahaya untuk Tubuh

Overdosis vitamin dan mineral sering kali lambat diketahui

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi Vitamin. Terlalu banyak mineral, vitamin, dan mengkonsumsi suplemen makanan lainnya dapat menyebabkan hal buruk pada tubuh kita. Overdosis vitamin dan mineral dapat membuat orang menjadi sangat sakit dan menyebabkan kondisi yang mematikan dari waktu ke waktu.
Foto:

 3. Vitamin D

Vitamin penting ini bersama dengan kalsium dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang pada orang yang kekurangan. Ini juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke, pengurangan risiko asma dan alergi, dan peradangan yang lebih sedikit. 

Tingkat tinggi dapat menyebabkan hiperkalsemia, atau terlalu banyak kalsium dalam darah. Gejalanya termasuk kebingungan, sembelit, kelemahan, kehilangan nafsu makan dan endapan kalsium yang menyakitkan. Tes darah tahunan dapat menentukan apakah Anda kekurangan vitamin D dan apakah Anda membutuhkan suplemen.

4. Vitamin A

Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk menjaga penglihatan yang baik dan kesehatan kulit, dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu studi menunjukkan bahwa Vit. A meningkatkan tingkat penyembuhan, dan meningkatkan penglihatan, setelah operasi mata laser ketika dikonsumsi bersama dengan vitamin E. 

Cooperman mengatakan bahwa ada bukti yang beragam bahwa penggunaan vitamin A dapat mengurangi risiko kanker tertentu, seperti kanker payudara dan melanoma, kanker kulit yang mematikan. Terlalu banyak vitamin A dapat menimbulkan risiko bagi ibu hamil karena dalam dosis lebih besar dari 1.500 mcg dapat menyebabkan cacat lahir.  

Dosis berlebihan vitamin ini juga telah dikaitkan dengan kelainan pada hati, sistem saraf pusat, tulang, dan kulit.  Penggunaan suplementasi jangka panjang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru, sehingga mereka yang merokok tidak disarankan untuk mengonsumsi vitamin tersebut.  

 

Tinjauan studi klinis juga menunjukkan sedikit peningkatan kematian pada orang yang menggunakan dosis tinggi, lebih dari 1.500 mcg hingga 3.000 mcg vitamin A.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement