Rabu 23 Jun 2021 16:20 WIB

Overdosis Vitamin dan Mineral Dapat Berbahaya untuk Tubuh

Overdosis vitamin dan mineral sering kali lambat diketahui

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi Vitamin. Terlalu banyak mineral, vitamin, dan mengkonsumsi suplemen makanan lainnya dapat menyebabkan hal buruk pada tubuh kita. Overdosis vitamin dan mineral dapat membuat orang menjadi sangat sakit dan menyebabkan kondisi yang mematikan dari waktu ke waktu.
Foto:

1. Serat 

Orang-orang disarankan untuk meningkatkan asupan serat untuk membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, mengurangi kolesterol jahat, dan membantu eliminasi harian.

Namun, jika ada terlalu banyak serat dalam makanan, atau Anda menambahkan suplemen, ini bisa menyebabkan perut kembung, dan nyeri gas yang ekstrem.

2. B-6 

Vitamin B-6 telah terbukti membantu orang dengan kondisi peradangan, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan penyakit Crohn. Ini juga berguna untuk fungsi kognitif yang optimal dan meningkatkan kualitas tidur.  

Namun, pada tahun 2016 Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengurangi nilai harian yang direkomendasikan dari B-6 menjadi 1,7 mg dan 1,5 mg masing-masing untuk pria dan wanita. Dosis B-6 yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf, lesi kulit, dan meningkatkan risiko patah tulang pinggul.  

Satu studi klinis menemukan bahwa mengonsumsi 25 mg B-6 setiap hari sebagai bagian dari vitamin B kompleks terbukti meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian pada pasien diabetes dengan penyakit ginjal lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement