Senin 21 Jun 2021 10:47 WIB

4 Tren Kecantikan TikTok Ini Dinilai tak Boleh Diikuti

TikTok seringkali menghadirkan tren kecantikan dengan klaim menarik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
TikTok seringkali menghadirkan tren kecantikan dengan klaim menarik.
Foto:

Minum Klorofil

Tren minum klorofil mulai mendapatkan perhatian besar di TikTok sejak April lalu. Salah satu yang mempopulerkan tren ini di platform media sosial tersebut adalah influencer Amelie Zilber.

Klorofil cair ini digadang sebagai produk ajaib yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat di antaranya adalah meningkatkan energi, menurunkan berat badan, dan membersihkan kulit.

Sebenarnya, tren meminum klorofil cenderung tidak membahayakan. Akan tetapi, tren ini berpotensi menyebabkan orang-orang mengeluarkan uang merek adengan sia-sia. Alasannya, klaim-klaim yang meliputi tren meminum klorofil tidak didukung oleh bukti ilmiah.

"Bila orang-orang melihat 'hasil' dari meminum klorofil, kemungkinan besar itu disebabkan karena mereka minum lebih banyak air dibandingkan biasanya, karenanya kulit mereka menjadi lebih baik dan buang air kecil mereka lebih rutin," ungkap ahli gastroenterologi Dr Niket Sonpal.

Microneedling

Tren microneedling mengajarkan warganet untuk menusuk area kulit dengan jarum kecil sebagai upaya untuk menghasilkan kolagen baru. Tren ini tidak seharusnya dilakukan oleh orang awam di rumah.

Beberapa studi memang telah menunjukkan bahwa microneedling kelas medis dapat membantu memperbaiki kekenyalan kulit dan mengurangi kerutan wajah. Akan tetapi, tindakan ini harus dilakukan dalam kondisi yang sangat bersih dan aman oleh tenaga medis.

Kesalahan dalam microneedling dapat memicu infeksi. Selain itu, melakukan microneedling terlalu keras pada kulit juga dapat memicu terjadinya perubahan warna dan tekstur, serta memunculkan bekas luka.

"Dan secara umum justru memperburuk kondisi yang ingin Anda perbaiki, seperti kerut halus dan bekas jerawat," pungkas Engelman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement