Sabtu 20 Jan 2024 15:34 WIB

Tren Makan Es Krim dengan Minyak Zaitun dan Garam, Apa itu Sehat?

Menuangkan minyak zaitun secukupnya ke es krim akan memberi manfaat baik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Seorang anak makan eskrim (ilustrasi). Viral di media sosial seseorang makan es krim dengan topping garam dan minyak zaitun.
Foto: Freepik
Seorang anak makan eskrim (ilustrasi). Viral di media sosial seseorang makan es krim dengan topping garam dan minyak zaitun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah figur publik dan influencer kerap memperkenalkan tren makanan tertentu. Kali ini penyanyi Dua Lipa mengikuti tren makan es krim dengan minyak zaitun.

Meski terdengar tidak biasa, namun sebagian warganet juga tampak mengikuti tren tersebut. Hidangan es krim ini juga ternyata merupakan makanan pokok Italia yang dikenal dengan nama “gelato con olio e sale”.

Baca Juga

Umumnya disajikan dengan dua sampai empat sendok es krim krim vanilla, ditambah dengan sedikit minyak zaitun “baik” dan taburan garam laut. Influencer Nara Smith juga menyebut hidangan tersebut membuat dia ketagihan dalam sebuah video TikTok yang ditonton 7,9 juta kali.

Aktris dan konten kreator Claudia Sulewski, yang merupakan pacar musisi Finneas O’Connell (saudara Billie Eilish), juga tampak menyukai tren tersebut. Tetapi apakah kombinasi ini sehat?

Dr G Sushma, konsultan, Ahli Diet klinis, CARE Hospitals, Banjara Hills, Hyderabad, mengatakan bahwa mencampurkan minyak zaitun dan garam dengan es krim belum tentu membuat itu “tidak sehat dalam arti luas”. Namun hal ini dapat mengubah profil rasa dan rasa secara signifikan, yang mungkin tidak menarik bagi semua orang.

“Minyak zaitun dan garam bukanlah topping es krim tradisional, dan kombinasinya mungkin akan menambah rasa,” kata dia, dikutip dari Indian Express, Sabtu (20/1/2024).

Namun, Dr Sushma menambahkan bahwa minyak zaitun dan garam dapat menjadi bagian dari pola makan sehat bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kuncinya adalah tidak berlebihan, karena asupan lemak dan garam tambahan yang berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut Dr Sushma, mungkin ada manfaat kesehatan potensial dari menambahkan sedikit minyak zaitun dan garam ke dalam es krim. Sebab minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, yang dianggap sebagai lemak yang menyehatkan jantung.

Menambahkannya ke makanan akan memiliki efek....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement