Sabtu 12 Jun 2021 12:05 WIB

Pedoman Baru India Soal Masker dan Steroid untuk Anak

Anak 12 tahun ke atas harus diperlakukan seperti orang dewasa dalam memakai masker.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Orang tua memakaikan masker pada anaknya (ilustrasi). Pedoman baru India merekomendasikan agar anak di bawah usia lima tahun tidak wajib mengenakan masker.
Foto:

Pedoman tersebut juga menyatakan, anak-anak di atas usia 12 tahun harus diperlakukan seperti orang dewasa sehingga harus memakai masker. Konsultan Pediatric Hematoncology and BMT, Paras Hospitals, Gurugram, Dr Neha Singh, menyatakan bahwa siapa pun perlu memakai masker ketika mereka perlu berada di dekat orang lain.

Menurut Singh, masker adalah cara ekstra untuk menghentikan kuman. Beberapa orang mungkin memakai masker kain buatan sendiri. Masker tetap menjadi alat sederhana, namun ampuh untuk melindungi diri dari Covid-19, terutama bagi anak-anak yang masih terlalu kecil untuk mendapatkan vaksin.

“Sampai seorang anak divaksinasi penuh terhadap Covid, mereka harus terus memakai masker dan menjaga jarak fisik yang aman di dalam ruangan di sekitar orang yang tidak tinggal bersama mereka atau yang mungkin mengidap virus,” kata Dr Singh kepada Indian Express, dikutip Jumat (11/6).

Singh mengingatkan, semua orang yang belum divaksinasi juga harus memakai masker di luar ruangan. Mereka harus mengenakan masker ketika berada dalam kerumunan atau ketika menjaga jarak fisik tidak memungkinkan.

"Anak-anak jangan dipasangkan masker yang memiliki komponen atau sisipan logam," kata Singh.

Mengapa pedoman baru tersebut meningkatkan usia anak yang tak perlu pakai masker dari di bawah dua tahun menjadi di bawah lima tahun? Penyebabnya bisa karena anak-anak sering main-main saat memakai masker, sering menariknya dari hidung ke mulut, atau tidak bisa menjaga kebersihan masker sehingga membuat mereka rentan tertular virus.

“Sedangkan anak-anak berusia sekitar lima tahun ke atas cenderung mulai memahami instruksi,” kata konsultan senior dokter anak dan neonatologis, Motherhood Hospital di Noida, Dr Amit Gupta.

Sementara itu, pedoman juga menyatakan, anak-anak di bawah usia 18 tahun tidak boleh diberikan Remdesivir untuk pengobatan Covid-19. Lalu juga melarang penggunaan antimikroba untuk mengobati infeksi.

Mengapa demikian?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement