Kamis 10 Jun 2021 20:40 WIB

Sudah Beruban di Usia Muda? Ini Penjelasan Medisnya

Tingkat stres diduga menjadi penyebab mengapa uban bisa muncul di masa muda.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Tingkat stres diduga menjadi penyebab mengapa uban bisa muncul di masa muda.
Foto: Piqsels
Tingkat stres diduga menjadi penyebab mengapa uban bisa muncul di masa muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang rambut yang memutih atau beruban membuat kita tak percaya diri dalam berpenampilan. Terlebih jika rambut uban telah datang meskipun kita masih berusia 20-an tahun, atau cenderung masih muda. 

Tingkat stres diduga menjadi penyebab mengapa uban bisa muncul di masa muda. Namun, menurut laman Byrdie yang dilansir Kamis (10/6), ada beberapa hal yang menyebabkan melanin pada rambut telah memudar seiring bertambahnya usia. Menurut ahli kulit bersertifikat Marisa Garshick, MD, hilangnya melanin seiring bertambahnya usia adalah alasan mengapa kita mulai melihat helai abu-abu tersebar di seluruh rambut kita.

Baca Juga

"Rambut berubah menjadi abu-abu, juga dikenal sebagai canities atau achromotrichia, sebagai akibat dari hilangnya melanin, yang dapat terjadi dengan penuaan dan mungkin sebagian terkait dengan genetika dan mungkin terkait dengan faktor lingkungan," ujar dia. 

S"eiring bertambahnya usia, folikel rambut kita mungkin menghasilkan lebih sedikit melanin. Hal itu rambut yang tumbuh tanpa pigmen dan tampak putih atau abu-abu,” tambahnya.

Sementara trichologist dan pendiri Act+Acre, Helen Reavey, pun setuju. Dia mengatakan kita harus memikirkan kembali bagaimana kita melihat abu-abu dari perspektif rona.

"Hal pertama yang pertama, tidak ada yang namanya uban," kata Reavey. 

Reavey mengatakan, begitu rambut kehilangan pigmennya, rambut benar-benar tembus cahaya dan tampak putih. Saat rambut terlihat beruban, kita dapat mengaitkannya dengan persentase warna rambut alami yang tersisa di helai.

“Nada 'abu-abu' sebenarnya disebabkan oleh persentase warna rambut alami yang tersisa dan bercampur, menyebabkan banyak nuansa “abu-abu” yang berbeda, jelasnya.

Dia melanjutkan, seseorang biasanya mulai beruban saat berusia antara 28 tahun dan 40 tahun. Alasannya adalah melanosit mulai melambat dan menghasilkan lebih sedikit melanin. Ini adalah bagian dari proses penuaan alami. 

Jika Anda telah melihat uban tumbuh sejak akhir usia belasan atau awal dua puluhan, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada yang salah. Ada banyak alasan untuk beruban prematur termasuk genetika, riwayat medis, dan bahkan cara Anda makan dan merawat tubuh Anda, tetapi sebagian besar waktu uban tidak perlu dikhawatirkan.

"Uban prematur dianggap genetik dan bahkan mungkin terkait dengan gen spesifik yang dikenal sebagai faktor pengatur interferon 4 (IRF 4), yang dapat membantu mengatur produksi melanin," kata Garshick. 

Garshick mengatakan, selain itu, ada beberapa kondisi genetik yang mungkin terkait dengan uban prematur. Satu studi menemukan bahwa mereka yang mengalami uban dini lebih mungkin memiliki riwayat keluarga, memiliki riwayat eksim atau asma, dan vegetarian. Selain itu, mereka juga lebih cenderung kelebihan berat badan, melaporkan stres dan konsumsi alkohol.

Bagi mereka yang menganggap rambut beruban sebagai kondisi yang berhubungan dengan stres, berdasarkan penelitian ada beberapa bukti bahwa versi stres dapat berperan ketika kita melihat rambut kita beruban. Sebuah penelitian kecil menemukan perokok memiliki risiko uban dini lebih besar daripada bukan perokok, kemungkinan terkait dengan stres oksidatif tambahan. Selain genetika dan gaya hidup, Garshick mengatakan penelitian menunjukkan kekurangan vitamin dapat menjadi penyebab uban dini.

“Vitamin tertentu mungkin berperan, karena mereka yang menderita anemia pernisiosa, kekurangan vitamin B12, lebih mungkin mengalami uban prematur bila dibandingkan dengan kontrol, juga menunjukkan bahwa mempertahankan B12 yang memadai dapat membantu mencegah uban prematur,” jelas dia. 

Sayangnya, uban prematur bukanlah sesuatu yang bisa Anda hentikan. Namun demikian, Garshick mengatakan mempertahankan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi uban prematur.

“Satu penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan berat badan normal, makan makanan yang tepat, dan mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu mencegah uban,” katanya.

Artinya, berhenti merokok bisa menjadi solusi. Lalu, mengkonsumsi lebih banyak B12 secara alami ditemukan dalam telur, salmon, tuna, dan produk susu rendah lemak seperti yogurt susu, dan keju. Jika Anda memiliki pola makan vegetarian atau vegan, mendapatkan lebih banyak B12 melalui makanan akan lebih sulit. Namun, ada suplemen yang bisa membantu.

Memperbarui rutinitas perawatan rambut seiring bertambahnya usia adalah penting. Reavey mengatakan, seperti bagian tubuh mana pun yang menua, kita perlu memberinya lebih banyak kelembapan, air, dan dukungan nutrisi. 

Selain suplemen, sertakan perawatan kulit kepala dan rambut yang menghidrasi ke dalam rutinitas Anda untuk menjaga rambut Anda,  pa pun warnanya, sehat dan berkembang. Sebelum melakukan perubahan gaya hidup atau menggunakan suplemen, disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement