Rabu 09 Jun 2021 07:54 WIB

Ahli Ingatkan Hindari Minum Ini saat Cuaca Panas

Ahli ingatkan tidak konsumsi alkohol dan minuman kafein secukupnya saat cuaca panas

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kopi, salah satu sumber kafein. Hindari alkohol dan hanya minum kafein secukupnya selama cuaca panas. Para ahli memperingatkan bahwa mengonsumsi minuman yang membuat dehidrasi harus dihindari selama cuaca panas.
Foto:

Perhatikan tanda-tanda dehidrasi

Saat matahari terik, pastikan untuk memperhatikan tanda-tanda soal dehidrasi. Warna urin bisa menjadi indikator utama seberapa terhidrasi tubuh seseorang. Pryor mengatakan kepada USA Today bahwa jika urin berwarna limun atau lebih terang, maka artinya dalam keadaan bersih. Namun, jika urin berwarna seperti jus apel atau lebih gelap, maka perlu mengonsumsi lebih banyak air. 

Menurut Dental Touch, bau mulut juga bisa menjadi tanda dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, maka tubuh tidak menghasilkan cukup air liur.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, tanda-tanda dehidrasi lainnya termasuk merasa haus, lelah, pusing, atau pusing. Mulut, bibir, atau mata kering juga bisa menjadi tanda bahwa orang membutuhkan lebih banyak air.

 

Ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk tetap aman selama cuaca panas. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk tetap berada di dalam ruangan dalam udara sejuk, minum banyak air, dan mandi air dingin selama cuaca panas. Jika harus pergi ke luar, maka usahakan harus menghindari sinar matahari langsung selama waktu-waktu terpanas dalam sehari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement