Rabu 02 Jun 2021 14:20 WIB

Kacamata Baru Malah Bikin Pusing, Harus Bagaimana?

Jangan pilih kacamata semata hanya karena tren.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata. Orang kerap merasa pusing saat mencoba kacamata baru.
Foto:

2. Lantai terasa 'mengambang'

Sebagian orang mengeluhkan kacamata barunya membuat penglihatannya terganggu. Mereka melihat lantai di dekatnya terasa lebih tinggi atau anak tangga berikutnya tampak lebih tinggi, padahal kenyataannya tidak.

Menurut Ong, hal itu bisa terjadi ketika ada perubahan yang cukup banyak pada rabun jauh. Lensa silinder juga bisa menimbulkan sensasi yang sama.

3. Sensitivitas terhadap warna tertentu

Lensa dengan filter biru untuk melawan cahaya biru pada perangkat seluler memang populer digunakan. Tetapi, filter itu juga dapat mengubah persepsi tentang warna. Pemakai lensa dengan blue filter akan merasakan dunia tampak lebih kuning. Sedikit perubahan pada ketampakan itu tak akan memengaruhi penglihatan, tetapi dalam kasus ekstrem ada pula yang mengalami pandangan ganda.

Menurut Ong, biasanya ini dapat diperburuk dengan bingkai kacamata yang tidak, entah dari pengukuran jarak pupil atau ketinggian bingkai kurang sesuai. Jika tidak ada kendala dari keduanya, orang biasanya akan dapat beradaptasi dengan lensa filter biru dalam waktu sepekan.

Untuk membantu mata Anda terbiasa dengan kacamata baru, Ong menyarankan agar memakai kacamata setiap hari. Jangan pakai kacamata lama selama periode penyesuaian.

"Jika Anda masih menghadapi masalah dengan kacamata Anda setelah satu pekan, sangat disarankan untuk kembali ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement