Rabu 02 Jun 2021 11:52 WIB

Ingin Coba Diet Keto? Kenali Dulu 13 Efek Sampingnya

Kenali efek samping diet keto sebelum menjajalnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Diet keto (ilustrasi). Di samping dampak positifnya, diet keto juga memunculkan efek negatif.
Foto:

4. Kadar gula darah lebih terkontrol

Ulasan ilmiah mengenai diet ketogenik menunjukkan bahwa diet keto dapat membantu pasien diabetes mengontrol kadar gula darah mereka dan menurunkan kadar A1C mereka. Akan tetapi, pasien diabetes tetap disarankan untuk tetap mengonsumsi obat mereka dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan diet keto.

Hanya saja, diet keto juga dapat meningkatkan risiko ketoasidosis diabetikum. Ini merupakan kondisi yang mengancam jiwa di mana lemak dipecah terlalu cepat dan menyebabkan darah menjadi bersifat asam. Kondisi ini lebih sering dialami oleh pasien diabetes tipe 1.

5. Menekan risiko penyakit jantung

Studi dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat yang didominasi oleh lemak nabati dan protein nabati dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 30 persen. Beberapa contoh makanannya adalah alpukat dan kacang-kacangan.

Oleh karena itu, diet keto yang didominasi oleh lemak nabati dan protein nabati mungkin memberikan manfaat yang sama. Akan tetapi, manfaat ini tak bisa didapatkan bila diet keto didominasi oleh lemak hewani dan protein hewani, misalnya daging asap, mentega, dan steak.

Salah memilih sumber lemak yang sehat juga dapat berakibat buruk. Konsumsi terlalu banyak lemak jenuh misalnya, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement