Ahad 30 May 2021 21:05 WIB

5 Alasan Kentang Baik Bagi Kesehatan

Kentang mengandung vitamin dan nutrisi yang penting bagi kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Kentang mengandung vitamin dan nutrisi yang penting bagi kesehatan.
Foto:

Kolin

Kolin adalah senyawa kecil yang menempel pada lemak untuk membuat fosfolipid, penyusun dinding sel, serta neurotransmitter asetilkolin. Kentang mengandung tingkat kolin tertinggi kedua, setelah makanan kaya protein, seperti daging dan kedelai.

Sangat penting untuk mengonsumsi cukup kolin karena penting untuk otak, saraf, dan otot yang sehat. Dan perbedaan halus dalam gen kita mungkin berarti beberapa dari kita secara alami lebih kekurangan dalam membuat kolin.

Kulit kentang mengandung sekitar 10 persen dari kebutuhan kolin harian seseorang. Kolin sangat penting dalam kehamilan, karena bayi yang sedang tumbuh membuat banyak sel dan organ baru.

 

Baik untuk perut

Memasak dan mendinginkan kentang sebelum memakannya memungkinkan terbentuknya pati resisten. Pati sehat ini membantu tubuh kita dalam banyak hal, termasuk dengan bertindak sebagai prebiotik.

Pendinginan pati matang yang lembut menyebabkannya runtuh. Meskipun hal ini sebenarnya membuat mereka lebih sulit untuk dicerna, ini berarti bakteri di usus besar kita kemudian memfermentasi mereka, menghasilkan senyawa yang mirip dengan cuka yang disebut asam lemak rantai pendek. Asam lemak ini menyehatkan usus kita dan menjaganya tetap sehat.

Asam lemak rantai pendek juga dapat mengubah metabolisme kita dengan cara yang baik, membantu menurunkan lemak darah dan kadar gula darah. Ini membuat kentang rebus dan kukus menjadi makanan rendah kalori, padat nutrisi dan mengenyangkan.

 

Bebas gluten

 

Kentang juga secara alami bebas gluten, jadi merupakan pilihan yang bagus untuk penderita penyakit celiac atau yang perlu menghindari gluten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement