Senin 17 May 2021 14:44 WIB

Rambut Lebih Sehat dengan Teh, Begini Caranya

Mencuci rambut dengan teh hitam diketahui dapat menghidrasi rambut.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh diketahui dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga mempertajam fungsi otak. Menggunakan jenis teh yang tepat juga dapat membantu merawat kesehatan dan keindahan rambut.

Jenis teh yang dinilai memberikan manfaat baik bagi rambut adalah teh hitam. Teh hitam merupakan jenis teh yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis.

Baca Juga

Proses oksidasi pada daun tanaman Camellia sinensis akan membuat dedaunan ini melepaskan tanin. Tanin adalah sebuah antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas yang merusak sel.

Efek antioksidan tersebut juga menyehatkan bagi kulit kepala. Selain itu, kandungan kafein dalam black tea juga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Kombinasi keduanya dapat berkontribusi dalam pertumbuhan rambut sehat yang lebih cepat.

Di samping itu, kafein juga dikatakan dapat menghalau aktivasi hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok. Seperti diketahui, perubahan hormon terkait pertambahan usia dapat menyebabkan kerontokan rambut pada perempuan dan laki-laki.

Seperti dilansir EatThis, studi pada sampel kulit manusia menunjukkan abhwa pengaplikasian kafein dan testosteron dapat meningkatkan produksi keratin dan memperpanjang fase produksi rambut dalam pertumbuhan rambut. Studi lain yang meneliti manfaat penggunaan kafein cair juga menunjukkan hasil serupa.

Mencuci rambut dengan teh hitam diketahui dapat menghidrasi rambut sehingga membuat rambut menjadi tampak lebih bersinar. Bahkan, penggunaan teh hitam dalam mencuci rambut juga bisa meberikan warna gelap pada uban untuk sementara.

Hanya saja, cara penggunaan teh hitam dalam mencuci rambut yang salah juga dapat menyebabkan masalah. Misalnya, rambut atau kulit kepala yang kering bila teh hitam dibiarkan terlalu lama di kepala. Pengaplikasikan teh hitam di kepala sebaiknya tak melebihi satu jam.

Mencuci rambut dengan teh hitam juga mungkin kurang ideal bagi pemilik rambut berwarna terang. Bila ingin mencoba merawat rambut dengan teh hitam di rumah, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Untuk permulaan, hindari penggunaan teh hitam yang terlalu agresif. Cukup gunakan satu kantung teh hitam saja.

2. Rebus air seperti hendak membuat minuman teh biasa. Setelah itu, masukkan kantung teh hitam ke dalam air tersebut. Biarkan hingga suhu air menurun dan mencapai suhu ruang agar terasa nyaman di kulit.

3. Sehari sebelum mengaplikasikan ke kepala, coba terlebih dahulu mengaplikasikan teh hitam ke bagian kecil di area tangan atau lengan dan biarkan selama satu jam, setelah itu bilas. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa penggunaan teh hitam tak memunculkan reaksi.

4. Bila percobaan tersebut tak memunculkan reaksi, lakukan persiapan membuat teh hitam yang sama keesokan harinya. Setelah teh hitam jadi dan suhunya sudah mendingin, tuangkan ke seluruh kepala.

5. Biarkan teh di kepala selama dua menit hingga satu jam. Perlu diingat, semakin lama dibiarkan di kepala, efek kulit dan rambut kering akan semakin terasa.

6. Bilas secara menyeluruh. Tunggu satu atau dua hari untuk keramas, demi menghindari adanya kemungkinan interaksi antara teh dan produk sampo atau perawatan rambut lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement