Rabu 24 Mar 2021 17:46 WIB

Kebahagiaan Orang Indonesia Justru Meningkat Saat Pandemi

Orang Indonesia memiliki budaya gotong royong dan tolong-menolong.

Kebahagiaan Orang Indonesia Justru Meningkat Saat Pandemi. Pengurus RW membawa bantuan untuk dibagikan kepada warga positif Covid-19 yang isolasi mandiri di RW 10 Kampung Pangkalan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (3/3/2021). Sedikitnya 39 warga di kawasan tersebut terdata positif Covid-19 usai wisata ziarah ke Pamijahan, Tasikmalaya, sehingga kawasan tersebut terpaksa diisolasi dengan memberlakukan PPKM skala mikro atau lockdown.
Foto:

Benarkah ada perbaikan kebahagiaan warga Indonesia selama pandemi Covid-19? Psikolog dari Universitas Indonesia Bagus Takwin mengatakan dilihat dari metodenya, indeks ini cukup mewakili keadaan atau realitas.

Selain mengombinasikan dengan indikator lain, riset ini juga menggunakan analisis dari Gallup. Namun, karena peningkatan peringkat Indonesia pada 2021 hanya dua peringkat, kata Bagus, secara umum kondisi kebahagiaan warga Indonesia tidak berubah secara signifikan.

"Skornya memang naik. Ada peningkatan skor meski kecil dan dalam keseharian mungkin tidak tertangkap perubahannya jika dilihat sekilas," kata Bagus kepada Anadolu Agency, Senin (22/3).

Selain Indonesia, negara tetangga Malaysia berada satu peringkat di atas Indonesia. Sedangkan Filipina cukup jauh di atas Indonesia, yaitu di peringkat 61. 

Adapun Vietnam berada di atas Indonesia di peringkat 79. Sedangkan China di bawah Indonesia di peringkat 84 pada 2021.

Indonesia-Malaysia-Filipina

Dosen psikologi Universitas Islam Negeri yang sering meneliti tentang kebahagiaan, Yufi Andriani mengatakan kondisi kebahagiaan orang Indonesia, Malaysia dan Filipina umumnya berada di tingkat yang hampir sama, yakni cukup bahagia atau moderately happy.

 

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement