Rabu 24 Mar 2021 06:45 WIB

Jonathan Kuo Gelar Konser Daring The Russian Connections

'The Russian Connections' akan digelar pada April mendatang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Pianis klasik Jonathan Kuo bersama Jakarta Sinfonietta segera menggelar konser daring The Russian Connections pada 10 dan 11 April 2021.
Foto: Jonathan Kuo
Pianis klasik Jonathan Kuo bersama Jakarta Sinfonietta segera menggelar konser daring The Russian Connections pada 10 dan 11 April 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Jonathan Kuo segera menggelar konser daring bersama Jakarta Sinfonietta. Pertunjukan bertajuk "The Russian Connections" itu berlangsung pada Sabtu, 10 April 2021, pukul 19:30 WIB dan Ahad, 11 April 2021, pukul 16:00 WIB.

Terdapat tiga karya yang akan dibawakan pada pertunjukan berdurasi satu jam 50 menit tersebut. Karya pertama adalah konserto untuk piano dan orkestra dalam A Mayor, KV 488 - Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791).

Baca Juga

Kedua, simfoni dalam C- Igor Stravinsky (1882-1971). Serta ketiga, konserto untuk piano dan orkestra dalam C Minor, Op 18 - Sergei Rachmaninoff (1873 - 1943). Menurut Jonathan, ketiga karya tersebut sangat luar biasa dan punya karakter berlainan.

Jonathan hanya membawakan dua karya, yakni dari Mozart dan Sergei Rachmaninoff bersama Jakarta Sinfonietta. Sementara, karya Igor Stravinsky akan dibawakan oleh orkes saja. Untuk dua karya itu, Jonathan mempersiapkan sejak tiga bulan silam.

Pianis klasik yang juga merupakan Young Steinway Artist dari Indonesia itu mengatakan, karya Mozart punya melodi sederhana tetapi bagus dan enak didengar. Menurut Jonathan, lagu itu sangat rapuh sehingga memainkannya harus berhati-hati.

"Tidak konsentrasi sedikit, hasilnya bisa tidak memuaskan. Kalau karya Rachmaninoff, teksturnya tidak sesederhana Mozart. Penuh chord, menghafalkannya sulit," ujar Jonathan pada konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (23/3).

Pimpinan Jakarta Sinfonietta sekaligus guru dari Jonathan, Iswargia R Sudarno, menyampaikan alasan di balik pemilihan program lagu. Secara padat, ketiga karya menggambarkan apa yang terjadi di dunia musik Rusia satu abad lalu.

Konserto piano karya Mozart sangat digemari penggemar musik klasik, bahkan mendampingi Stalin di tempat tidurnya saat menjelang ajal. Ini menunjukan bahwa tradisi musik Eropa Barat sangat memengaruhi perkembangan musik di Rusia.

Konserto Piano No 2 dalam C Minor karya Rachmaninoff bisa dikatakan sangat berhasil dan diminati sepanjang masa. Lagu itu digubah setelah masalah depresi berat yang dialami Rachmaninoff atas kegagalannya dalam penulisan Simfoni No 1.

 

"Konserto piano ini didedikasikan untuk psikiaternya, Dr Nicolai Dahl, yang berhasil menyembuhkan, bahkan akhirnya memberikan kesuksesan yang gemilang bagi Rachmaninoff," kata Iswargia.

Karya Stravinsky pun unik. Meski hidup di zaman yang sama dengan Rachmaninoff, komponis Rusia tersebut memiliki bahasa dan pemahaman musik yang bertolak belakang. "Kami sengaja menunjukkan sisi kontras dari kedua musisi itu," ungkap Iswargia.

Tiket konser sudah bisa didapatkan melalui loket.com. Terdapat tiga kategori tiket yang tersedia, yakni kategori A seharga Rp 35 ribu, kategori B seharga Rp 60 ribu, serta kategori C yang dibanderol dengan harga Rp 100 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement