Selasa 23 Mar 2021 12:23 WIB

Mengenal Obat Herbal yang Ditambahkan dalam Kopi

Kopi tak hanya bisa diaduk dengan campuran gula atau krim.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Kopi tak hanya bisa diaduk dengan campuran gula atau krim.
Foto:

Sebagian di antaranya telah menunjukkan bahwa adaptogen memang dapat menunjukkan aktivitas pelindung saraf, juga memiliki sifat anti-kelelahan dan antidepresan. Selain itu, dapat berfungsi sebagai stimulan untuk sistem saraf pusat.

"Studi telah menunjukkan bahwa adaptogen tertentu, seperti ekstrak Rhodiola, dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengatasi kelelahan," kata Ivanir. Meski, penelitian yang lebih besar dan spesifik tetap diperlukan.

Dengan sederet fungsi yang ada, kopi adaptogen tetap tidak dimaksudkan sebagai obat atau solusi untuk masalah kesehatan. Misalnya, saat seseorang sedang stres berat, bukan berarti kopi adaptogen bisa menjadi obat untuk menangani itu.

Kopi adaptogen tidak aman untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, salah satunya ibu hamil. Seperti halnya suplemen, para pakar mengimbau untuk memastikan bahwa adaptogen yang dikonsumsi aman bagi tubuh.

Cara mudahnya, Ivanir menyarankan memilih produk dari merek ternama yang telah diuji oleh pihak ketiga. Pastikan dalam daftar bahan di kemasannya bahwa tidak ada kontaminan atau logam berat.

Meskipun manfaat adaptogen terdengar menarik, perlu diingat bahwa yang terbaik adalah tidak mengandalkan konsumsi bahan-bahan ini saja. Meminum kopi adaptogen harus diimbangi dengan pola makan seimbang.

"Adaptogen tidak boleh menggantikan diet seimbang, aktivitas fisik, dan obat. Namun, adaptogen dapat digunakan sebagai suplemen untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan," ujar Ivanir, dikutip dari laman Eat This, Selasa (23/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement