Selasa 23 Mar 2021 15:34 WIB

Penyebab Kesuburan tak Diketahui, Bisakah Tetap Hamil Alami?

Gangguan kesuburan atau infertilitas bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Gangguan kesuburan atau infertilitas bisa disebabkan oleh banyak faktor.
Foto:

Inseminasi Intrauterine

Bila kehamilan tak tercapai melalui manajemen ekspektatif, pasangan dengan infertilitas idiopatik disarankan untuk melakukan inseminasi intrauterine yang dikombinasikan dengan pemberian obat-obatan penyubur seperti klomifen sitrat, letrozole, atau gonadotropin.

Inseminasi, lanjut dr Gita, merupakan metode yang dilakukan dengan cara memasukkan sperma yangs uda ditingkatkan kualitasnya langsung ke dalam rongga rahim. Cara ini akan meningkatkan keberhasilan kehamilan dengan meniadakan faktor serviks dan antibodi antisperma yang kerap dikaitkan sebagai penyebab infertilitas idiopatik

In Vitro Fertilization

Program yang juga dikenal sebagai bayi tabung ini dapat menjadi salah satu solusi apabila kehamilan tak juga berhasil dicapai setelah melakukan inseminasi intrauterine. Program bayi tabung merupakan teknologi reproduksi berbantu di mana pembuahan sel telur oleh sel sperma terjadi di luar tubuh perempuan. Embrio yang terbentuk lalu ditempatkan kembali ke dalam rahim.

Program bayi tabung memiliki angka keberhasilan kehamilan yang cukup tinggi. Angka keberhasilannya, lanjut dr Gita, mencapai 30-40 persen.

Menurut dr Gita, selalu ada harapan untuk memiliki keturunan seiring dengan teknologi yang semakin berkembang. Oleh karena itu, dr Gita menyarankan agar pasangan melakukan pengecekan kondisi organ reproduksi secara berkala.

"Tetap berpikir positif, dan jalani program kehamilan dengan penuh kesabaran. Tetap sabar, dan yakin Anda akan hamil," tukas dr Gita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement