Selasa 27 Jun 2023 08:42 WIB

Usianya Lebih dari 37 Tahun, Perempuan Sudah Sulit Hamil

Perempuan akan cukup sulit untuk hamil di usia lebih dari 37 tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Biasanya, di atas usia 37 tahun itu cenderung telurnya menurun secara signifikan.
Foto: Pixabay
Ibu hamil (Ilustrasi). Biasanya, di atas usia 37 tahun itu cenderung telurnya menurun secara signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan, semakin banyak perempuan yang fokus meniti karier hingga lupa membangun rumah tangga, sementara yang sudah menikah pun enggan bersegera untuk memiliki anak. Jika baru menginginkan untuk hamil di usia lebih dari 37 tahun, mungkin itu akan cukup sulit.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah Aida Riyanti memaparkan tata laksana pasiennya yang belum memiliki anak di usia hampir 40. Menurut dia, umur memang faktor penting.

Baca Juga

Bagi perempuan, dr Aida mengatakan, umur adalah hal yang sangat penting. Sebab, pada usia tertentu, sel telur akan berkurang drastis yang bisa menjadi salah satu penyebab sulit untuk hamil.

"Biasanya, di atas usia 37 tahun itu cenderung telurnya menurun secara signifikan, hanya 25 ribu dari yang waktu lahir kita diberikan oleh Allah SWT itu 300 ribu. Jadi turunnya sangat cepat," ucap dia dalam diskusi media bertajuk "Teknologi Penanganan Gangguan Kesuburan" di Jakarta Selatan, Senin (26/6/2023).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement