Sabtu 24 Jun 2023 20:19 WIB

Posisi Tidur Miring ke Kiri Punya Banyak Manfaat Bagi Ibu Hamil

Sisi kiri merupakan posisi tidur yang dinilai ideal bagi ibu hamil.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Ibu hamil tengah tertidur (ilustrasi). Posisi tidur ideal bagi ibu hamil adalah miring ke kiri.
Foto: Health
Ibu hamil tengah tertidur (ilustrasi). Posisi tidur ideal bagi ibu hamil adalah miring ke kiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang memiliki posisi yang paling disukai saat tidur. Meskipun Anda bergerak saat tidur, tapi biasanya ada satu sisi yang membuat terus kembali.

Namun tahukah Anda, bagi ibu hamil, posisi tidur miring ke kiri dinilai banyak manfaatnya. Sisi kiri merupakan cara tidur yang ideal bagi ibu hamil. Tidur miring ke kiri saat hamil dapat membantu aliran darah antara jantung, janin, rahim, dan ginjal, sekaligus mengurangi tekanan pada hati.

Baca Juga

Tak hanya pada ibu hamil, bagi orang biasa pun tidur miring ke kiri mendatangkan sejumlah dampak baik. Seperti yang dijelaskan oleh ahli nutrisi herbal Ali Ramadan (juga dikenal sebagai @holisticali) di Tiktok, ada beberapa manfaat tidur miring ke kiri.

Menurut Heathline, tidur miring ke kiri dianggap memiliki manfaat paling besar bagi kesehatan secara keseluruhan. “Ketika kita tidur miring ke kiri, perut dan cairan lambungnya tetap lebih rendah daripada kerongkongan,” kata Ramadan menjelaskan dalam video tersebut dilansir Huffpost, Jumat (23/6/2023).

Kondisi itu dapat membantu mengurangi mulas dan gangguan pencernaan. Selain itu, tidur miring ke kiri juga mengurangi tekanan pada punggung. Secara umum, kita lebih baik tidur miring ke kiri, terutama bagi orang yang mendengkur, mengalami refluks asam, tekanan darah tinggi, atau memiliki masalah pencernaan. Namun, ada beberapa manfaat tidur miring ke kanan, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, yang mungkin merasa lebih nyaman.

Jika Anda ingin mengurangi risiko sakit punggung dan mendapatkan istirahat malam yang cukup, maka tidur telentang bisa menjadi jawabannya. Menurut pakar tidur dari Everynight Mattresses, Kiera Pritchard, hanya 10 persen orang yang tidur dalam posisi optimal. Sebagai perbandingan, 74 persen dari kita tidur menyamping, sementara 16 persen orang tidur tengkurap.

“Tidur telentang adalah posisi yang paling direkomendasikan karena tulang belakang di punggung dapat sejajar secara alami dalam posisi netral tanpa lekukan,” ujar Prichard.

Tidur telentang mungkin lebih sehat untuk tulang belakang, sedangkan tidur miring ke kanan bermanfaat untuk jantung. Tidur tengkurap adalah satu-satunya posisi yang dianggap tidak sehat, karena sangat menekan tulang punggung.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement