Senin 08 Mar 2021 23:00 WIB

Ruam Pada Kulit Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Covid-19

Ada beberapa jenis ruam kulit yang dianggap jadi pertanda Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa jenis ruam kulit yang dianggap jadi pertanda Covid-19.
Foto:

Ruam cacar air

Akibat keringat atau ruam bisa menimbulkan benjolan merah gatal yang dapat terjadi di mana saja pada tubuh, terutama di siku, lutut, tangan dan kaki. Ruam seperti cacar air bisa bertahan selama berhari-hari atau beberapa pekan.

 

Ruam di jari tangan dan kaki

Benjolan kemerahan dan keunguan di jari tangan atau kaki, yang mungkin terasa sakit, tetapi biasanya tidak gatal. Jenis ruam ini paling spesifik untuk COVID-19, lebih sering terjadi pada orang yang lebih muda dengan penyakit tersebut, dan cenderung muncul di kemudian hari.

 

Ruam spesifik

“Meskipun ruam kulit mungkin tidak umum pada COVID, fakta bahwa itu memang muncul, dan merupakan tanda yang lebih spesifik, menyoroti betapa pentingnya untuk benar-benar menilai prevalensi dan seberapa prediktifnya,” jelas Chan dalam sebuah wawancara dengan VOX.

Banyak infeksi virus dapat memengaruhi kulit, jadi tidak mengherankan jika peneliti melihat ruam ini pada COVID-19. Penulis studi Dr. Veronique Bataille, konsultan dermatologis di Rumah Sakit St Thomas dan King's College London, menekankan penting bagi orang untuk mengetahui bahwa dalam beberapa kasus, ruam mungkin merupakan gejala pertama atau satu-satunya. 

“Jadi, jika Anda melihat ruam baru, Anda harus menanganinya dengan serius dengan mengisolasi diri dan melakukan tes sesegera mungkin,” ujarnya.

 

Cegah infeksi

Untuk mencegah infeksi virus, tetap jangan lengaj dengan protokol kesehatan. Pakai masker wajah, lakukan tes jika curiga terkena virus, hindari keramaian (dan bar, dan pesta rumah), praktikkan jarak sosial, hanya menjalankan tugas penting, cuci tangan secara teratur, desinfeksi permukaan yang sering disentuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement