Jumat 19 Feb 2021 11:24 WIB

Sejumlah Efek Samping Setelah Vaksin Covid-19

Ada beberapa gejala yang paling umum setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa gejala yang paling umum setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19.
Foto:

3. Reaksi Alergi

CDC menyatakan bahwa orang mengalami reaksi alergi parah yang juga dikenal sebagai anafilaksis, dan non-parah terhadap vaksin. “Sebagai contoh, reaksi alergi dianggap parah ketika seseorang perlu diobati dengan epinefrin atau EpiPen © atau jika Mereka harus pergi ke rumah sakit,” jelas mereka.

Jika kita mengalami reaksi alergi yang parah setelah mendapatkan dosis pertama vaksin mRNA COVID-19 atau reaksi alergi langsung, meskipun tidak para, maka CDC menyarankan agar kita tidak dapatkan dosis kedua.

 

4. Gejala Lebih Parah setelah Dosis Kedua

Jangan kaget jika efek samping dari dosis vaksin kedua lebih parah. "Reaksi merugikan lokal tingkat 3 yang diminta lebih sering dilaporkan setelah Dosis 2 daripada Dosis 1," kata pernyataan Moderna.

Reaksi ini termasuk pembengkakan, nyeri, nyeri tubuh, sakit kepala dan demam. Ini umum terjadi pada vaksin lain, karena tubuh bekerja ekstra keras untuk membangun kekebalan.

5. Efek Samping Langka Lainnya

Ada juga beberapa efek samping yang sangat jarang dilaporkan. Misalnya, tiga pasien yang menerima vaksin Moderna dan empat yang mendapat Pfizer mengalami Bell's Palsy. Yaitu otot wajah melemah atau lumpuh secara tiba-tiba dan sementara waktu.

Sementara beberapa pasien pada uji coba Pfizer terdapat 47 kasus anafilaksis dengan filler wajah mengalami pembengkakan.

6. Lindungi Diri Anda dan Orang Lain

Ikuti protokol kesehatan dan bantu akhiri lonjakan kasus Covid-19, di mana pin kita tingga. Kenakan masker wajah, melakukan jaga jarak sosial, hindari banyak orang, jangan pergi ke dalam ruangan sempit dan gelap.

Praktikkan kebersihan tangan yang baik, dan dapatkan vaksinasi ketika tersedia untuk kita untuk melindungi hidup diri sendiri dan kehidupan orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement