Kamis 18 Feb 2021 05:55 WIB

7 Tanda Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Terlalu banyak gula bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Terlalu banyak gula bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.
Foto:

4. Berisiko lebih tinggi terkena penyakit

Menurut Young, mengkonsumsi terlalu banyak gula tambahan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, berkontribusi pada obesitas, peradangan, dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, diet tinggi gula tambahan juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi akibat penyakit jantung.

5. Merangsang keinginan untuk makan lebih banyak gula

"Efek samping lain dari mengonsumsi n terlalu banyak gula adalah Anda mulai mendambakan lebih banyak gula," kata Megan. Ini bisa menjadi lingkaran setan, terutama jika tubuh Anda terbiasa melalui siklus tabrakan gula yang tinggi. Anda akhirnya menginginkan gula bahkan ketika Anda bahkan tidak lapar.

6. Mempercepat penuaan kulit

Pakar Nutrisi, Phoenyx Austin menjelaskan bahwa kulit terdiri dari dua jenis protein yaitu kolagen dan elastin yang memainkan peran utama dalam menjaga kulit kita tetap lembut, kenyal, dan tampak awet muda. Nah, konsumsi gula tambahan secara berlebih bisa menghancurkan protein kolagen dan mempercepat proses penuaan kulit seperti kulit kendur, keriput dan lainnya.

"Itulah mengapa saya selalu memberi tahu para wanita bahwa hal paling sederhana yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menjaga diet dan nutrisi, khususnya kurangi asupan gula tambahan,” jelas Austin.

7. Picu diabetes tipe 2 seiring waktu

Krishna Kaliannan, CEO dan Pendiri Catalina Crunch mengatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan resistensi insulin dan akhirnya diabetes tipe 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement