Selasa 16 Feb 2021 23:39 WIB

Asupan Gizi yang Perlu Diperhatikan Pasien Kanker

Asupan makanan bergizi seimbang berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Menyantap makanan sehat yang bervariasi dapat memberikan asupan zat gizi yang beragam pula bagi tubuh. (ilustrasi).
Foto:

Kebutuhan protein bisa dipenuhi dari sumber hewani dan nabati yang memiliki zat gizi saling melengkapi. Asam amino misalnya, bisa didapatkan dari protein hewani, sementara lemak baik dari protein nabati.

Khusus untuk lemak, sama seperti orang sehat pada umumnya, tubuh membutuhkan jenis yang baik seperti omega-3, misalnya dari ikan.

Di samping itu, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral dari sayuran serta buah yang juga memiliki manfaat sebagai antioksidan.

Bagaimana dengan makanan beku atau frozen food? Menurut Ika, terkadang ada pasien kanker memiliki kendala dalam penyiapan makanan sehingga makanan beku menjadi alternatif. Hal ini tiak masalah asalkan tetap menerapkan pola makanan bergizi seimbang.

Dia menyarankan, sebisa mungkin makanan ini dibuat sendiri agar tahu kebersihannya dan apabila membeli dari luar sebaiknya hindari yang mengandung pengawet.

Dalam penyajian makanan, Ika menekankan pentingnya melihat kondisi pasien. Pasien yang menjalani kemoterapi umumnya memiliki kesulitan sendiri mengonsumsi makanan karena rasa mual yang dia rasakan. Apabila memungkinkan, makanan bisa diberikan dalam bentuk lebih lunak ke cair.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement