Ahad 14 Feb 2021 10:00 WIB

7 Minuman Populer yang Merusak Kesehatan

Bukan hanya alkohol, beberapa minuman populer lain juga bisa sebabkan sakit serius.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Bukan hanya alkohol, beberapa minuman populer lain juga bisa sebabkan sakit serius.
Foto: Pixy.org
Bukan hanya alkohol, beberapa minuman populer lain juga bisa sebabkan sakit serius.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan hanya alkohol yang dapat merusak kesehatan. Banyak janis minuman populer lain yang dapat menyebabkan penyakit serius, mulai dari meningkatkan risiko diabetes tipe dua hingga kemungkinan patah tulang.

Jenis minuman tertentu bahkan dapat memberikan kerusakan permanen pada tubuh, menurut para ahli, dilansir laman Eat This, Ahad (14/2).

Baca Juga

Minuman Energi

Meskipun minuman berenergi dapat membantu saat merasa lesu, namun kandungan kafeinnya yang tinggi sebenarnya dapat menyebabkan kelelahan yang semakin parah dalam jangka panjang.

“Selain berdampak negatif pada tidur, kafein "juga menghambat produksi kolagen di kulit, yang menyebabkan penuaan kulit dini dengan lebih banyak keriput," jelas ahli gizi bersertifikat Ann Ramark dari A Younger Skin.

Protein kocok

Menikmati shake atau protein kocok pasca-latihan fisik mungkin menyegarkan. Akan tetapi itu berbahaya bagi tubuh, alih-alih mendapatkan manfaat.

Celine Beitchman, MS, direktur nutrisi di Institute of Culinary Education, menjelaskan bahwa rata-rata orang, bahkan mereka yang menghindari produk hewani, mendapat banyak protein dari makanan mereka. Saat mengonsumsi protein secara berlebihan setiap hari, hal itu juga dapat membuat ginjal bekerja terlalu keras. Beitchman menjelaskan, bahwa konsumsi protein yang berlebihan juga dapat menyebabkan penyimpanan lemak berlebih.

Soda Berwarna Gelap

Soda memiliki kandungan nutrisi yang cukup buruk, tetapi minum soda berearna gelap mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan bagi kesehatan selain menambahkan kalori kosong ke dalam makanan.

Asam fosfat dalam soda hitam membuatnya lebih buruk bagi kesehatan daripada soda bening. Megan Wong, RD, ahli gizi terdaftar di AlgaeCal mengatakan terlalu banyak asam fosfat dapat menyebabkan tulang kehilangan kalsium. “Itulah mengapa penelitian telah mengaitkan asupan minuman ringan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dan risiko patah tulang yang lebih tinggi,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement