Ahad 14 Feb 2021 09:39 WIB

10 Dampak Buruk Terlalu Banyak Duduk

Duduk sepanjang hari dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Duduk sepanjang hari dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan.
Foto: PxHere
Duduk sepanjang hari dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duduk dalam waktu singkat bisa menjadi istirahat yang baik, terutama bagi pemilik gaya hidup aktif. Tetapi duduk sepanjang hari dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan. Menurut CDC, duduk sepanjang hari dan tidak banyak bergerak berisiko dengan beberapa kondisi yang tidak diharapkan.

Berikut 10 akibat jika terlalu sering duduk sepanjang hari, dilansir laman Eat This, Sabtu (6/2).

Baca Juga

Bertambah berat badan

Duduk sepanjang hari tidak akan membakar kalori sebanyak saat orang sedang bergerak. Jika tidak membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi, maka kemungkinan akan menambah berat badan. Terlebih jika ditambah pola diet buruk, ada risiko obesitas bagi yang tidak banyak bergerak atau aktivitas fisik.

Sakit Punggung atau Bahu

Terlalu sering duduk bisa menyebabkan nyeri di bagian tubuh tertentu. Terlebih bagi orang yang memiliki postur tubuh buruk, duduk sepanjang hari bisa mengakibatkan sakit punggung atau bahu. Membungkuk di atas layar komputer atau bersandar dalam posisi yang kurang tepat sepanjang hari dapat membuat tubuh merasakan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ganggu Kesehatan Mental

Merasa sedih atau terpuruk bukan berarti harus dihadapi dengan berdiam diri terus menerus. Menonton televisi atau lewat gawai terdengar menarik tetapi justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Peningkatan perilaku menetap dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih buruk, dan tidak baik untuk kesejahteraan hidup.

Sulit Tidur

Orang-orang tertentu mungkin kesulitan mendapatkan cukup tidur jika mereka duduk sepanjang hari. Meskipun kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk penggunaan layar, stres, dan alkohol, bermalas-malasan sepanjang hari jug tidak membantu mendapat tidur berkualitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement