Senin 30 Sep 2019 05:27 WIB

Ini Beda Minuman 'Frappe' dan 'Milkshake'

Keduanya terlihat sama di dalam gelas, namun memiliki rasa yang berbeda.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Milkshake (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Milkshake (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedai kopi di seluruh dunia menawarkan frappe yang dingin dan berkrim dimana toko es krim menyajikan milkshake. Sajian kedua toko didasarkan pada susu.

Dilansir melalui Livestrong, Ahad (29/9), milkshake biasanya punya cita rasa klasik seperti vanila, coklat dan stroberi. Frappe biasanya bercita rasa kopi atau teh. Seperti halnya makanan, perbedaan wilayah mempengaruhi definisi Frappe dan Milkshake.

Baca Juga

Untuk membuat milkshake, kocokan tebal dan kaya rasa membutuhkan es krim, susu dan perasa. Bisa juga ditambahkan sedikit gula untuk rasa manis.

Pda minuman frappe, minuman biasanya mengandung kopi, susu, gula dan es. Bahan-bahan itu dijus bersama demi membentuk frappe.

Frappe yang dijual komersil biasanya mengandung pelembut untuk membantu mengikat komposisinya. Mayoritas frappe tidak mengandung es krim, tapi lebih memakai sirup sebagai ciri khas kedai kopi.

Meski keduanya memiliki cara olah yang sama dengan dicampur dan dihaluskan, di beberapa negara justru berbeda. Frappe yang identik dengan penggunaan kopi tidak sepenuhnya benar.

Di sekitar Boston, Amerika Serikat (AS), frappe sama dengan milkshake dibanding minuman kopi. Namun di Yunani, frappe beda dengan milkshake. Di sana, frappe merupakan minuman campuran kopi dan gula lalu dikocok dan ditambah es krim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement