Kamis 11 Feb 2021 17:21 WIB

8 Tanda Terlalu Banyak Minum Soda

Meski rasanya enak, soda hanya terdiri dari air, gula, dan pewarna makanan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Meski rasanya enak, soda hanya terdiri dari air, gula, dan pewarna makanan.
Foto:

5. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil bisa menjadi penanda dari berbagai kondisi, termasuk gejala diabetes tipe 2. Selain itu, bisa juga karena kebiasaan minum soda sudah berlebihan sehingga memicu prediabetes atau bahkan diabetes kronis.

6. Trigliserida tinggi dalam darah

Pemeriksaan kadar kolesterol biasanya menyertakan tingkatan jenis lemak bernama trigliserida dalam darah. Seseorang yang mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan, termasuk soda, akan memiliki tingkat trigliserida yang relatif tinggi.

7. Kemungkinan batu ginjal

Kebiasaan minum soda, terutama kola, dapat meningkatkan kemungkinan mengidap batu ginjal. Studi yang terbit di jurnal Epidemiology menyimpulkan bahwa minum dua porsi atau lebih kola per hari menambah risiko penyakit ginjal kronis.

8. Peringatan dari dokter

Jika sudah berkonsultasi dengan dokter dan ada peringatan soal kesehatan jantung, coba lacak pola makan dan kebiasaan minum soda. Penelitian yang terbit di Journal of American College of Cardiology mengungkap kaitan dari hal tersebut.

Minum satu atau dua gelas minuman berpemanis setiap hari meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung sebesar 35 persen. Selain itu, minum soda berlebihan juga berpotensi merusak gigi dan memicu gigi sensitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement