Kamis 11 Feb 2021 17:21 WIB

8 Tanda Terlalu Banyak Minum Soda

Meski rasanya enak, soda hanya terdiri dari air, gula, dan pewarna makanan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Meski rasanya enak, soda hanya terdiri dari air, gula, dan pewarna makanan.
Foto: Pxhere
Meski rasanya enak, soda hanya terdiri dari air, gula, dan pewarna makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski rasanya enak, soda sebenarnya hanya terdiri dari air, gula, dan pewarna makanan. Kalorinya kosong dan tidak mengandung nutrisi. Karena itu, ada konsekuensi jika seseorang meminumnya secara berlebihan.

Jika ada cukup banyak botol soda plastik kosong di rumah, itu mungkin pertanda seseorang sudah minum terlalu banyak soda. Berikut delapan tanda lain bahwa seseorang sudah minum terlalu banyak soda, dikutip dari laman Eat This, Kamis (11/2).

Baca Juga

1. Berat badan bertambah

Dokter umum di Mayo Clinic, Donald D Hensrud, menginformasikan bahwa sebotol soda ukuran 20 ons, mengandung sekitar 17 sendok teh gula. "Tidak ada yang mau makan gula sebanyak itu, tapi soda membuat bentuknya menjadi cair," ujarnya.

Akibatnya, tidak heran jika minum soda dalam jumlah yang berlebihan bisa membuat berat badan bertambah tanpa disadari. Minum segelas soda secara rutin setiap hari sama dengan akumulasi konsumsi 32 pon (14,5 kilogram) gula dalam setahun.

2. Merasa gelisah

Gelisah, gugup, dan mudah tersinggung adalah tanda peringatan bahwa seseorang mengonsumsi terlalu banyak kafein. Terkadang, semua gejala itu dibarengi juga dengan detak jantung yang cepat, otot gemetar, sakit kepala, dan sulit tidur.

Perlu diingat bahwa beberapa jenis soda mengandung kafein dalam jumlah besar. Jadi, ketika tubuh menerima terlalu banyak kafein, sumbernya tidak hanya dari kopi dan minuman berenergi yang mungkin diminum dalam sehari.

3. Kulit keriput sebelum waktunya

Mendapati keriput di sudut wajah bisa jadi karena kebiasaan minum soda yang terlalu sering. Dokter kulit Mayo Clinic Lawrence E Gibson mengatakan, studi telah membuktikan bahwa mengasup banyak gula olahan memicu penuaan kulit lebih cepar.

4. Cepat haus

Merasa sudah banyak minum, tapi tetap haus? Coba cek dulu, apakah yang diminum adalah air putih atau minum berkaleng-kaleng soda. Tidak seperti air putih yang menghilangkan dahaga, soda justru membuat seseorang lekas haus kembali.

Penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa gula dalam minuman bersoda (terutama soda diet) menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Efek itu disebut hipernatremik, yang menarik air dari jaringan tubuh dan memicu dehidrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement