Senin 08 Feb 2021 16:34 WIB

5 Cara Kelola Stres Berkelanjutan Selama Pandemi

Psikolog temukan adanya peningkatan gejala stres berkelanjutan di masa pandemi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Psikolog temukan adanya peningkatan gejala stres berkelanjutan di masa pandemi.
Foto:

Fokus pada yang Bisa Dilakukan

Sebagian hal mungkin akan menjadi cukup sulit untuk dilakukan di masa pandemi Covid-19. Namun buka berarti tak ada hal yang bisa dilakukan.

Coba fokuskan kembali perhatian pada hal-hal yang lebih kecil. Bila sedang menjalani karantina misalnya, temukan hal-hal menarik yang bisa dilakukan dalam situasi tersebut.

"Kurangi berkonsentrasi pada hal-hal yang telah hilang dan lebih berkonsentrasi pada hal-ha yang masih ada, berpikir tentang apa yang bisa saya lakukan hari ini daripada hal yang tak bisa saya lakukan," ujar penulis My Life as a Hermit and The Circling Sky, Neil Ansell.

Eksplorasi dan Hidupkan Diri

Mudah bagi seseorang untuk menjadi depresi ketika merasa terisolasi. Dalam kondisi ini, seseorang bisa jatuh pada depresi yang dalam bila terlalu bergumul pada sisi negatif.

Setiap orang pada dasarnya memiliki sisi negatif dan positif. Coba untuk lebih fokus kepada sisi positif diri sendiri. Manfaatkan waktu yang ada untuk mengeksplorasi kelebihan dan kemampuan diri sendiri yang mungkin sebelumnya tidak disadari.

"Situasi saat ini mungkin tampak buang-buang waktu, tetapi sebenarnya tidak bila Anda bisa mengasah kemampuan diri," tukas penulis Terry Waite.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement