Senin 08 Feb 2021 16:34 WIB

5 Cara Kelola Stres Berkelanjutan Selama Pandemi

Psikolog temukan adanya peningkatan gejala stres berkelanjutan di masa pandemi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Psikolog temukan adanya peningkatan gejala stres berkelanjutan di masa pandemi.
Foto:

Baik Kepada Diri Sendiri

Terkadang, seseorang harus melewati situasi yang tak menyenangkan dalam waktu lama seperti pandemi Covid-19 ini. Dalam situasi seperti ini, coba untuk bersikap baik kepada diri sendiri dan mencari harapan. Hindari untuk mencari cara penyelesaian kilat dan solusi mudah terhadap masalah yang dihadapi.

"(Untuk bertahan) sebagian orang akan menanyakan pertanyaan besar mengenai bagaimana cara untuk menjalani hidup dan apa yang penting," ujar psikolog Nina Burrowes.

Manajemen Stres

Setiap orang perlu mengenali tanda-tanda peringatan yang muncul ketika diri mereka mengalami stres. Beberapa di antaranya adalah kesulitan tidur, lebih mudah marah atau moody, terlalu banyak makan, atau penyalahgunaan obat terlarang serta alkohol.

Bila merasa mengalami gejala tersebut, penting untuk mulai melakukan manajemen stres. Misalnya, dengan menjangkau keluarga atau teman dekat dan menjalani pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat ini meliputi tidur teratur, makan sehat, dan olahraga.

"Anda juga bisa melakuakn beragam bentuk latihan relaksasi seperti meditasi dan yoga," ujar psikolog klinis Steven Taylor.

Bila hal-hal ini tak cukup membantu, cari bantuan dari tenaga profesional. Saat ini juga sudah tersedia layanan konsultasi daring dengan tenaga profesional yang mudah dijangkau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement