Sabtu 06 Feb 2021 08:07 WIB

6 Makanan Rendah Glikemik untuk Manajemen Diabetes

Diabetes dipengaruhi berbagai faktor, termasuk konsumsi makanan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Pasien diabetes berisiko mengalami masalah kaki.
Foto:

Apel

Menurut ADA, apel bisa dimasukkan ke dalam diet diabetes meski mengandung karbohidrat dan gula. Ini karena mengandung gula (fruktosa) yang sangat berbeda dengan gula olahan lainnya. Selain itu, apel adalah sumber serat yang bagus dan banyak mikronutrien. GI apel sebanyak 38, sementara GL nya 5.

Pisang

Pisang merupakan pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Ini tersedia di semua musim dan memiliki GI rendah karena adanya serat. Namun, hindari mengonsumsi terlalu banyak pisang karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain itu, hindari pisang yang terlalu matang. GI pisang sebanyak 54, sementara GL nya 11—12 (pisang kecil-besar).

Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane konsentrasi tinggi yang cenderung menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes. Sayuran ini memiliki GI rendah dan GL rendah bersama dengan nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, seng dan vitamin. GI brokoli adalah 15, sementara GL-nya 1.

Wortel

Baik wortel mentah dan matang dianggap sehat untuk penderita diabetes karena wortel membantu menurunkan nilai glukosa darah. Jus wortel juga lebih disukai untuk pengelolaan diabetes. Wortel rendah indeks glikemik dan kalori serta mengandung vitamin esensial. GI wortel 47, GL wortel adalah 2.

Mentimun

Mentimun adalah makanan yang ideal untuk mengontrol glikemik dan mengurangi komplikasi diabetes. Makanan ini juga memiliki efek antioksidan pada sel pankreas dan mencegahnya dari kerusakan akibat radikal bebas. GI mentimun adalah 15, sementara GL-nya 1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement