Selasa 02 Feb 2021 12:07 WIB

5 Makanan untuk Memelihara Bakteri Baik di Usus

Bakteri-bakteri baik ini memiliki beberapa peran penting termasuk memcah vitamin.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bakteri. Ilustrasi
Foto:

Flaxseed

Meski berukuran mini, flaxseed memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan usus. Kandungan omega 3 yang kaya dalam flaxseed dapat menunjang kesehatan usus. Selain itu, flaxeed juga tinggi akan serat sehingga dapat melembutkan feses dan membuat feses lebih mudah dikeluarkan.

Penting untuk minum banyak air putih ketika mengonsumsi flaxseed. Alasannya, flaxseed membutuhkan air putih untuk bisa bekerja. Upayakan minum satu gelas air putih untuk setiap satu sendok makan flaxseed yang dikonsumsi.

Oat Utuh

Oat utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk usus. Oat utuh juga diketahui kaya akan beta glukan dan resistant starch. Kandungan-kandungan ini diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang berkaitan dengan penurunan inflamasi usus. Manfaat lain oat adalah menunjang regulasi usus yang baik.

Kefir

Fermentasi susu ini bisa mengandung 30 strain bakteri dan ragi yang baik untuk pencernaan. Bakter spesifik dari kefir juga sudah diketahui mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa memunculkan penyakit seperti salmonella dan E.coli.

Bila dibandingkan dengan susu biasa, kefir lebih bisa ditoleransi oleh orang-orang dengan masalah intoleransi laktosa. Hal ini terjadi karena bakteri dalam kefir membantu proses pemecahan laktosa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement