Selasa 23 May 2023 19:24 WIB

Tubuh Manusia Butuh Bakteri Baik Sejak Lahir-Lansia, Apa Ciri-Ciri Probiotik yang Bagus?

Tidak semua suplemen probiotik aman dan cocok untuk dikonsumsi semua usia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Pemerhati kesehatan dokter Reisa Broto Asmoro di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023).
Foto: Republika/Meiliza Laveda
Pemerhati kesehatan dokter Reisa Broto Asmoro di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakteri yang ada pada tubuh manusia tidak semuanya jahat. Ada bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga imunitas, mendorong produksi antibodi, melawan toxin, alergen, mikroorganisme berbahaya, hingga merawat kesehatan pencernaan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), probiotik adalah bakteri hidup yang jika diberikan dalam dosis yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. WHO menetapkan setiap jenis atau strain bakteri mempunyai manfaat dan keamanan yang berbeda-beda.

Baca Juga

"Konsumsi suplemen probiotik yang tepat bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di tubuh kita," kata pemerhati kesehatan dr Reisa Broto Asmoro di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023).

Dokter Reisa menjelaskan suplemen probiotik yang tepat dapat menunjang kesehatan sejak sebelum lahir. Terlebih, itu juga dibutuhkan bagi mereka yang sudah lanjut usia.

"Apalagi di 1.000 hari pertama anak yang dimulai sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun. Ini adalah periode penting yang akan memengaruhi kesehatan anak sepanjang hayatnya," ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement